Kelurahan Kuang Cetus Pelantikan RT & Kaling Serempak

Sumbawa Barat, KabarNTB – Pemerintah Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat mencetus langkah Pelantikan dan Pengukuhan Ketua RT dan Kepala Lingkungan (Kaling), secara serempak di wilayah setempat.

Menurut Lurah Kuang, Syaiffulah, S.Tp pelantikan yang berlangsung di Aula Kelurahan, pada Rabu (2/3/16) ini, mengadopsi system pelantikan pejabat structural Pemerintah Daerah.

“ Ini yang pertama di KSB bahkan mungkin di Indonesia,”katanya dalam sambutan diacara pelantikan.

Dijelaskannya, dinamika perkembangan dan semangat berdemokrasi saat ini menghendaki terjadinya  pemilihan RT dan Kaling secara demokratis, hal ini juga sejalan dengan aspirasi warganya.

“ Aspirasi warga yang menghendaki pemilihan RT dan Kaling ini secara langsung, menariknya ada yang selisih hingga satu suara dalam proses pemilihan, walaupun waktu persiapannya satu bulan namun alhamdulliah hingga pelantikan ini semua berjalan lancar dan berlangsung secara demokratis,”ungkapnya.

Adapun jumlah RT yang dilantik serempak kemarin yakni berjumlah 28 RT dan 6 Kaling, pelantikan dan pengukuhan dilakukan langsung Lurah Kuang dan disaksikan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST.

Lurah Kuang kembali menambahkan, Pelantikan Ketua RT dan Kaling ini juga sesuai landasan dan semangat pembangunan berbasis RT yang telah dicetuskan Bupati KSB sebelumnya, dan seiring langkah kebijakan pembangunan KSB kedepan dibawah Bupati terpilih, membangun dengan azas gotong royong.

Dimana menurut Syaifullah lagi, RT dan Kaling merupakan pelopor terdepan dalam pembangunan berbasis RT dan gotong royong.

“  RT dan Kaliang dengan pengabdiannya merupakan tugas yang mulia, disaat banyak orang masih menunggu untuk berbuat, tapi mereka telah terjun membantu masyarakat di garda terdepan dalam proses pembangunan, maka selayaknya mereka diberi penghargaan,”tambahya.

Kelurahan Kuang sendiri menurut Lurah, berkat kerjasama dan peran serta Ketua RT dan Kaling dalam beberapa tahun terakhir meraih sejumlah prestasi, baik ditingkat Kabupaten bahkan Provinsi dan Kuang juga menjadi Kelurahan percontohan khusus di KSB.

Sementara itu, Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin,ST dalam sambutannya pada kegiatan ini menegaskan, langkah yang dilakukan Lurah Kuang merupakan tonggak sejarah untuk bangkit membangun KSB kedepan.

Wabup yang belum seminggu dilantik ini lagi mengatakan, secara Kedinasan Kelurahan Kuang menjadi tempat pertama kunjungannya, meski di Kelurahan ini, ia mengaku kalah dalam Pilkada kemarin.

Terkait hal ini, secara khusus Wabup mengajak seluruh Ketua RT maupun Kaling bersama sama membangun KSB dan menghilangkan sekat.

“ Yang memilih kami kemarin jangan terlalu jumawah dan sebaliknya yang tidak mendukung jangan merasa sungkan, karena kita ingin bangun KSB secara bersama sama dan kita bukan sedang membangun kelompok, kita punya hak dan tanggung jawab yang sama baik F3 atau bukan,”tandasnya.

Wabup lanjut mengatakan, bahwa Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati, tidak bisa berbuat apa-apa ketika Ketua RT dan Kaling stagnan, karena itu ia mengajak agar Ketua RT, Kaling bersama Lurah turun kebawah menyerap aspirasi lalu menyusun program dan jangan hanya menunggu program dari Kabupaten.(K-1)

 

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.