Kenaikan Insentif Ketua RT, Dipikirkan Tahun Depan

Sumbawa Barat, KabarNTB – Rukun Tetangga (RT) sebagai ujung tombak atau garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat selama ini memberikan penghargaan bagi mereka Ketua RT, salah satunya dengan uang insentif.

Insentif RT, juga menjadi salah satu perhatian serius sejumlah Calon Kepala Daerah Sumbawa Barat dalam Pilkada lalu, untuk dinaikkan jumlahnya termasuk menghindari adanya rafelan pertiga bulan.

Pasangan Kepala Daerah terpilih pun, dalam janji politiknya akan menaikkan insentif tersebut, media mencatat angka kenaikan yang dijanjikan yakni sebesar Rp. 500 ribu perbulan, dimana sebelumnya Rp. 200 ribu perbulan dan diberikan pertiga bulan.

Namun sinyal kenaikan insentif tersebut, masih harus dipikirkan. Bahkan Pemerintah KSB, kemungkinan baru akan merealisasikan sampai tahun depan.

“Insya Allah tahun depan, kita akan usahakan untuk kita naikan,” ujar Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST, ketika ditanya KabarNTB terkait hal ini, sesaat seusai menyampaikan sambutan di Kelurahan Kuang belum lama ini.

Kenaikan insentif menjadi motivasi tersendiri bagi Ketua RT dalam bekerja dan turun ditengah masyarakat, sejumlah Ketua RT mengakui hal ini, terlebih pelibatan mereka kedepan dalam pembangunan KSB yang berbasis gotong royong cukup penting.

Entah adanya harapan kenaikan Insentif, namun posisi sebagai Ketua RT ditengah masyarakat KSB cukup menarik minat, tengok saja bagaimana di dalam kota Taliwang.

Kelurahan Kuang misalnya, untuk menjadi seorang Ketua RT terjadi persaingan, proses demokrasipun berjalan bak pemilihan posisi Kepala Daerah, begitu juga dalam pemilihan Kepala lingkungan.

Karena dasar ini, Kelurahan Kuang pun berinisiatif memberikan penghargaan kepada Ketua RT dan Kaling atas partisipasinya membangun lingkungannya, dengan melantik mereka secara serempak selayaknya pelantikan pejabat structural daerah.

“  RT dan Kaling dengan pengabdiannya merupakan tugas yang mulia, disaat banyak orang masih menunggu untuk berbuat, tapi mereka telah terjun membantu masyarakat di garda terdepan dalam proses pembangunan, maka selayaknya mereka diberi penghargaan, semacam ini,” demikian Lurah Kuang, Syaifullah,S.Tp, mengomentari peran RT dalam pembangunan KSB, dengan melakukan inisiasi pelantikan Ketua RT dan Kaling secara serempak dan pertama di KSB, belum lama ini di  Kantornya. (K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.