Minta Air, Petani Kalimantong “Gedor” Rumah Bupati

Sumbawa Barat, KabarNTB – Belasam petani Lang Kuyu Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene Sumbawa Barat, sejak pagi menggedor rumah kediaman Bupati Sumbawa Barat, Rabu (2/3/16).

Kedatangan mereka sebelum orang nomor satu di KSB berangkat berkantor, guna mengadu sekaligus bersilaturrahmi.

“ Pada intinya kami ingin sampaikan keluhan minimnya pasokan air terutama di musim kemarau,” tandas Ifan Supriadi, S.Pd, yang mengaku sebagai pendamping perkumpulan petani yang datang dengan baju seragam dan hasil kebun di kediaman Kepala Daerah tersebut.

Dikatakan Ifan, Petani Lang Kuyu ingin merubah nasib dengan merubah jenis tanaman dari kebiasaan menanam Padi ke tanam buah dan sayur-sayuran.Hal ini dilakukan karena ingin mendapatkan penghasilan harian.

Dengan menanam sayur dan buah, diyakini perkumpulan Petani yang berjumlah 12 KK ini akan meningkatkan taraf hidup, namun yang menjadi persoalan masalah ketersediaan air, karenanya mereka mendatangi kediaman Bupati agar kedepan dapat menjadi perhatian Pemerintah Daerah secara serius.

“ Disamping itu kami juga berharap agar ada tenaga Penyuluh PPL yang handal dan mau bersama sama dilapangan yang disiapkan Pemerintah,”tambah Ifan.

Perkumpulan Petani yang dipimpin Ehans Har ini,  sangat serius merubah nasib menjadi petani buah dan sayur, dikatakan Ifan, mereka telah membuat balai pertemuan secara gotong royong, dan  sejauh ini sudah mulai bercocok tanam namun masih skala kecil, kedepan mereka akan bertanam dengan skala besar, dimana ketersediaan lahan seluas 12 hektar dengan masing-masing KK mengelolah 1 hektar.

Adapun jenis tanaman yang akan digarap berupa cabe, tomat,kangkung, timun, jagung, ubi dan kacang panjang.Menyinggung apakah perkumpulan ini sudah mendapatkan bibit cabe gratis yang disediakan Dinas terkait, Ifan mengaku belum tahu informasi tersebut karena sejauh ini belum membuka akses, dan mereka baru secara langsung melakukan silaturrahmi mendatangi Bupati guna mengharapkan perhatian.

Lalu apa tanggapan Bupati, Dr.H.W.Musyafirin terkait kedatangan Petani Lang Kuyu ini, menurut Ifan direspon positif bahkan berjanji akan turun ke lokasi melakukan peninjaun secara langsung.

“ Bupati sangat gembira melihat semangat perubahan dari para petani yang berjumlah 12 kepala keluarga ini,”demikian kata Ifan Supriadi.(K-1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.