MTB Jelajah Rimba, Promosikan Sport Tourism di NTB

Mataram, KabarNTB – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi NTB mengungkapkan kegiatan Mountain Bike (MTB) Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016 mendukung promosi Sport Tourism (Wisata Olahraga) di NTB. Oleh karena itu, dirinya mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti Rimbawan, 19 Maret mendatang.

Event ini luar biasa, artinya inspirasi bahwa hutan bisa dinikmati dengan bersepeda dan banyak lokasi yang bisa digunakan bersepeda seperti di Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa ini,” ujar Ketua KONI Provinsi NTB, Andy Hadianto ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/2).

Ia menuturkan, NTB sudah layak menjadi kawasan Sport Tourism karena terdapat lokasi-lokasi olahraga yang bisa dipakai. Beberapa lokasi untuk wisata olahraga sepeda seperti di kawasan Sembalun, Senaru dan Tahura Nuraksa, Sesaot, Lombok Barat. Selain itu, wisata olahraga Gantole dan Trail Running bisa dilaksanakan di NTB.

“NTB layak sebagai kawasan Sport Tourism. Banyak sekali potensi yang bisa dimanfaatkan, tinggal memperkuat pengelolaan dan pengemasan. Saya senang dengan kegiatan ini,” ungkapnya.

Dirinya mengapresiasi juga kegiatan menanam bibit pohon di kawasan Tahura, Sesaot, Lombok Barat. Sebab, kegiatan yang mengajak lebih dari 200 peserta komunitas sepeda dari Jakarta, Bali dan NTB ini juga mengkampanyekan lingkungan hidup.

Andy mengaku pernah membawa tamu dari Malaysia dan Thailand ke Lombok. Mereka mengaku senang berada di Lombok, sebab terdapat lokasi-lokasi wisata yang bagus dan dinikmati termasuk untuk wisata olahraga.

“Mau main (wisata) di Laut, Gunung semua luar biasa. Apalagi ditunjang dengan akses jalan yang bagus. Semakin banyak wisata olahraga yang bisa dilakukan di NTB,” ungkap lelaki yang hobi bersepeda ini.

Dirinya yang biasa memakai sepeda ke kantor mengatakan potensi wisata olahraga di NTB sangat besar. Apalagi, kondisi alam di NTB yang banyak. Sehingga, salah satu yang bisa dilakukan adalah terus menggali potensi tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan wisata olahraga.

Kegiatan MTB Jelajah Rimba, Pesona Lombok Sumbawa 2016 digelar Dinas Kehutanan NTB bermitra dengan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) yang akan mengambil rute sepeda dari Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa, Sesaot ke Desa Batu Mekar, Lombok Barat (Lobar)

Dalam rangka Hari Bakti Rimbawan (HAR), kegiatan ini juga bagian dari mengenalkan dan mempromosikan lokasi wisata sepeda gunung. Peserta yang direncanakan ikut terlibat dalam sedikitnya 200 orang dari berbagai komunitas sepeda dari NTB, Jakarta dan Bali.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.