Mulai 2016, KSB Ganti Subsidi Biaya Pendidikan Dengan Bea Siswa

Sumbawa Barat, KabarNTB – Subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa Sumbawa Barat, dalam bentuk bantuan social (Bansos)  seperti beberapa tahun terakhir diterima seluruh mahasiswa, baik yang kuliah diluar dan dalam wilayah KSB, mulai tahun 2016 rencananya akan dihapus.

“ Ya subsidi biaya pendidikan akan diganti dengan bentuk beasiswa, dan untuk pelaksanaan kegiatan melalui Dikbudpora,”tandas Ir.Amin Sudiono, MM Kepala Dinas Pendapatan & Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) KSB, kepada KabarNTB seusai forum yasinan, Kamis malam lalu (10/3/16).

Ditempat yang sama secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) KSB, Drs.H.Mukhlis, M.Si, mengaku belum mengetahui persis seperti apa tekhnis mengenai hal ini.

“ Ya kami baru mengetahui saat rapat TPAPD kemarin, kita menunggu payung hukum melalui Perbup,”katanya.

Namun Mukhlis memberikan gambaran, jikapun Subsidi dihapus kemungkinan untuk pemberian bea siswa nantinya akan diperbanyak kuota.

“ Jadi disitu akan diatur mekanismenya bisa jadi seperti beasiswa umumnya diberikan dengan standar nilai dan bagi yang berprestasi namun keluarga tidak mampu,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) KSB 2016-2020, masalah bea siswa ini telah diatur didalamnya, disitu disebutkan bea siswa bagi siswa miskin berprestasi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Namun dalam RPJMD tersebut, tidak disebutkan lebih rinci beasiwa bagi mahasiswa S1 dan seterusnya, yang jelas seperti kata Kadis Dikbudpora KSB mengenai hal ini masih menunggu lebih rinci diatur dalam Perbup.

“Perbup masih disusun tim tekhnis bersama dengan bagian hukum,”demikian ungkap H.Muchlis.  (K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.