Tanpa Bantuan Pemda, Gapoktan Ini Bebas Dari Wabah

Sumbawa Barat, KabarNTB – Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Orong Monar Satu Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea sukses panen berkelimpahan pada musim panen kali ini.

Hal ini menjadi menarik perhatian, pasalnya hamper 80 persen tanaman padi lainnya di Wilayah Sumbawa Barat diserang wabah penyakit jenis busuk leher, blass cresek dan wereng coklat.

“ Gapoktan Orong Monar berhasil mengalahkan hasil kerja Dishubtan dan BP4K KSB, praktek dilapangan semua padi dilahan orang monar tidak terkena wabah sama sekali,” ujar Sabaruddin warga setempat kepada KabarNTB.

Menurut Sabaruddin, Pemerintah KSB perlu memberi apresiasi terhadap kinerja Gapoktan Orong Monar, tahun 2015 Gapoktan ini sama sekali tidak tersentuh jenis bantuan apapun dari Pemerintah setempat.

Dari keterangan Ilmuddin, Ketua Gapoktan Orong Monar menurut Sabaruddin lagi, padi yg ditanam yaitu empari 1,empari 30empari 22 dan empari 31, dimana hasil panen padi musim tanam ketiga dari semua lahan pertanian yang ada di sumbawa barat, padi garapan orong monar satu unggul dari semua hasil padi yang ada di sumbawa barat

“ Kami selaku penggiat lembaga swadaya masyarakat mendukung proses penanaman dan perawatan padi yang dilkakukan oleh pak ilmuddin,beliau dengan prinsip kerja tepat,kerja cepat dan kerja nyata terbukti sukses, maka pemerintah layak memberikan perhatian kedepan,”kata Sabaruddin.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.