Dana Desa Belum Cair, Baru 11 Desa Beri Laporan

Sumbawa Barat, KabarNTB – Dana Desa bagi Pemerintah Desa yang ada di Sumbawa Barat sejauh ini dikabarkan belum cair.

“ Saat ini Dana Desa periode 2016 di Kabupaten Sumbawa barat masih dalam proses transfer dari rekening kas negara, ke rekening kas daerah, sambilan kami menunggu juga masing-masing desa untuk menyelesaikan APBDS nya masing-masing,’’ ungkap Abdul Muis. S.Sos. MM, Kabid PemDes, BPM PemDes Sumbawa Barat, kepada KabarNTB, Rabu (13/4/16).

Dikatakan Muis Desa yang dalam 7 hari kedepan sudah menyelesaikan APBDS nya, maka bisa langsung menerima dana desa yang sudah ada nantinya, adapun total jumlah dana desa di KSB tahun 2016 sebesar Rp. 37 Miliar, yang akan didistribusikan ke masing-masing desa.

Adapun besarannya tergantung jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat kesulitan geografis, dan angka kemiskinan di desa yang bersangkutan.

Selain APBDS,  Muis juga menghimbau kepada seluruh Desa untuk menyelesaikan laporan dan rapat pertanggung jawaban atas penggunaan dana desa di periode sebelumnya, karna dari 57 Desa, baru sekitar 11 Desa yang sudah menyelesaikan itu, sehingga pihkanya memberi tenggang waktu hingga 20 April 2016 untuk semua desa menyelesaikannya.

Dana Desa merupakan program Pemerintah Pusat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dari tingka desa.  Program ini diluncurkan sejak tahun lalu.(K-A)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.