Lagi SDIT Hadir Di Sumbawa

Sumbawa, KabarNTB – Sekolah pendidikan berbasis agama Islam terus tumbuh di Kabupaten Sumbawa, mulai dari pendidikan SLTA sederajat, perguruan tinggi hingga pendidikan dasar.

Khusus pendidikan dasar, setelah sebelumnya berdiri Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Samawa Cendekia kini hadir SDIT di Desa Jorok, Unter Iwis dan SDIT Insan Qurani Sumbawa.

Kepala SDIT Samawa Cendekia, Sambirang Ahmadi, mengaku menyambut baik kehadiran beberapa SDIT di Sumbawa Besar. Menurutnya, dari awal SDIT yang ia pimpin didirikan sebagai proyek peradaban untuk menjadikan Sumbawa yang kuat agamanya ini betul-betul nyata, dengan mengembangkan lembaga pendidikan yang berkarakteristik islami.

“Dengan mendirikan sekolah ini, Alhamdulillah ada juga orang lain yang mendirikan sekolah yang sama. Buat saya itu positif, karena berhasil merangsang orang untuk berkontribusi nyata dalam dunia pendidikan berbasis islam,” ungkap Sambirang ketika ditemui, Sabtu (02/04/2016).

Sambirang mengatakan, perkembangan lembaga pendidikan serupa tersebut tentu semakin bagus, dan menjadi perkembangan positif di Sumbawa menjadikan peradaban madani. Karena salah satu ciri khasnya masyarakat madani adalah tumbuh suburnya lembaga pendidikan islam.

“Kita ingin membangun Sumbawa yang madani seperti Madinah Al Munawaroh,” tambahnya.

Sambirang menyatakan, sejauh ini yang unggul di tingkat nasional masih didominasi sekolah-sekolah berbasis Kristen. Sementara sekolah islam terpadu masih di grid ketiga.

“Jangan sampai mayoritas di Indonesia tapi sekolahnya kalah dari minoritas. Kita harus punya semangat untuk bersaing, mereka bisa kenapa kita tidak,” tutupnya. (K-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.