Ada Bunker Eks Tentara Jepang Di Alas Barat

Sumbawa, KabarNTB – Pemerintah Kecamatan Alas Barat bertindak cepat untuk mengamankan salah satu situs sejarah perjuangan Kemerdekaan bangsa berupa bungker peninggalan tentara Jepang di masa lampau.

Bungker yang rencananya akan dipugar tersebut berada di Gontar memanjang hingga ujung barat Labuhan Mapin tepatnya di sekitar pantai yang dekat dengan kantor PT Paloma Agung.

Camat Alas Barat, Iwan Sofiyan, dihubungi Rabu (11/05/2016) mengaku bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak Museum Mataram dan Dinas Pariwisata NTB. Meski komunikasi tersebut tidak formal, namun disarankan agar pihaknya jangan dulu masuk atau melakukan akfititas terhadap bungker tersebut.

Menurut Iwan, pihaknya diminta untuk menyiapkan literatur cerita tentang sejarah keberadaan bunker tersebut. Karena nantinya, akan dibentuk tim oleh SKPD terkait di tingkat Propinsi untuk melakukan eksplorasi terhadap bunker tersebut.

Bunker ini papar Iwan, diketahui memiliki pintu di beberapa lokasi. Misalnya di sekitar Dusun Semangat Baru—Desa Gontar, Batu Guring tepatnya pantai di sekitar  PT Paloma Agung, dan beberapa titik di atas bukit yang berdekatan dengan Khilafatul Muslimin.

“Kami duga ada ruang yang bercabang-cabang di dalamnya. Karena panjangnya dari Gontar sampai Labuhan Mapin,” terang Camat Alas Barat.

Ia mengatakan, setelah pihaknya menyerahkan literatur tentang keberadaan bunker tersebut maka Pemerintah Propinsi atau pihak terkait lainnya akan mencari refrensi ke arsip nasional atau museum TNI terkait keberadaan bunker tersebut.(K-K)  

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.