Langgar Lalu Lintas, Operasi Patuh Gatarin Kedepankan Penindakan

Sumbawa Barat, KabarNTB – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa kembali menggelar operasi lalu lintas. Kali ini, operasi tersebut mengedepankan penindakan terhadap para pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Edy Sudharma Korniawan, ditemui, mengatakan, operasi tersebut bernama operasi Patuh Gatarin 2016. Operasi dimulai tanggal 16 sampai 29 Mei 2016 atau 14 hari berturut-turut yang akan dimulai dengan gelar pasukan pada Senin (16/05/2016).

Sasarannya kata Edy, yakni para pengendara sepeda motor dan kendaraan lain seperti mobil pribadi, travel, bus dan truk maupun lainnya.

“Target operasinya semua jenis pelanggaran, mau itu surat-surat maupun kelengkapan kendaraan. Atau juga tidak melengkapi diri dengan SIM dan STNK. Yang lebih nyatanya lagi di Sumbawa yakni penggunaan helm,” jelas Kasat Lantas Polres Sumbawa.

Tidak hanya itu katanya, termasuk penggunaan knalpot racing juga perlu diperhatikan. Untuk itu pihaknya berharap mulai tanggal 16 tersebut masyarakat agar meningkatkan ketertiban berlalu lintas supaya tidak terjaring.

Kasat Lantas mengatakan, di samping mengedepankan penindakan, operasi Patuh tersebut dilakukan guna sebagai bentuk cipta kondisi menjelang Ramadhan (bulan puasa).

“Kemarin kan sudah dilaksanakan operasi pekat oleh Satuan Reskrim dan narkoba, itu kan untuk komunitas masyarakat yang lebih spesifik. Kalau kita kan di Operasi Patuh untuk pengendara. Jadi sekarang upaya penindakan,” tegas Kasat Lantas.

Dalam operasi ini paparnya, Sat Lantas Polres Sumbawa akan melibatkan Den POM, Brimob dan Dishubkominfo untuk membackup termasuk semua fungsi yang ada di Polres seperti Intel dan Sabhara.

Adapun lokasi operasi nantinya akan diacak berdasarkan timeline atau jadwal yang ditentukan sebelumnya. Termasuk batas waktu akan disesuaikan berdasarkan tingkat kesadaran masyarakat dalam berkendara.

Operasi ini tambahnya, juga akan menyisir pengendara yang memarkir kendaraan tidak pada tempatnya. Terkait tehnisnya, Sat Lantas Polres Sumbawa akan berkoordinasi dengan Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa.

“Parkir liar tetap kita tindak juga, makanya kita berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan terkait cara melaksanakannya di lapangan,” kata Edy Sudharma.

Seperti yang kerap diberitakan media televisi ada yang kendaraannya diderek bahkan digembosi bannya.(K-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.