Orang Gila Dipasung Masih Ditemukan Di Sumbawa

Sumbawa, KabarNTB – Fenomena pemasungan orang gila di Kabupaten Sumbawa masih terjadi. Salah satu yang sempat terekspose yakni pasien gangguan jiwa (gila) asal Pulau Medang yang dalam keadaan terpasung di Puskesmas Labuhan Badas, belum lama ini.

Ternyata, bukan hanya pasien atas nama Jupri tersebut yang dipasung. Masih ada beberapa orang lagi masyarakat yang gangguan jiwa yang dipasung. Kondisi tersebut tidak dapat dipungkiri, mengingat masih terbatasnya fasilitas dan tenaga medis yang dapat menangangi pasien gangguan jiwa.

Menurut Sekdis Dikes Sumbawa, Junaidi, Senin (02/05/2016) bahwa Sumbawa memang mendeklarasikan bebas pasung. Dari tahun 2013 sejak dicanangkan menjadi Kabupaten bebas pasung, sedikitnya ada 40 orang yang terdata, sisanya sekitar 6 atau 7 yang masih dipasung.

Junaidi mengatakan, ada beberapa alasan yang menjadi penyebab masih dipasungnya penderita gangguan jiwa tersebut. Misalnya kekurangan biaya dan jauhnya rumah sakit jiwa.

“Kami berusaha terus untuk memberikan informasi dan edukasi yang jelas kepada keluarga. Sehingga pasien ini mau dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa,” terang Junaidi.

Ia menambahkan kaitan dengan penanganan pasien gangguan jiwa, sebenarnya di Sumbawa sudah ada dokter specialis penyakit jiwa. Namun masih satu orang dan belum ada ruang rawat untuk penderita gangguan jiwa.

“Rumah sakit juga berkomitmen untuk menyediakan ruang rawat inap bagi penderita gangguan jiwa, yang bisa ditangani di sini maka akan ditangani kalau fasilitasnya sudah lengkap,” ujar Junaidi.(K-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.