Forum Masyarakat Sipil, Bangun Nilai Di Pulau Kenawa

Sumbawa Barat, KabarNTB – Sejumlah anak muda Forum masyarakat sipil yang tergabung dalam Komunitas Literasi Anorawi (KLA), Sahabat Bumi, WSKD, Media KabarNTB, Backpaker Not Beka Beka dan Vesta Taliwang, Minggu (5/6/16) kemarin mengunjungi Pulau Kenawa.

Pulai kecil yang berada depan dermaga Labuhan Poto Tano Sumbawa Barat itu, memang memiliki daya tarik tersendiri, kabarnya  ribuan orang telah berkunjung ke Pulau Kenawa dalam enam bulan terakhir.

Lalu ada apa dengan mereka forum masyarakat sipil tadi ke Kenawa, sebenarnya belasan anak muda pegiat LSM Lingkungan, praktisi Pariwisata KSB dan rekan media ini, sudah berulang kali ke Pulau Kenawa.Namun kali ini menurut Rendy hal istimewa yang ingin ditunjukkan bagaimana Kenawa itu dibangun dengan nilai.

“ Disini ada semangat Gotong Royong, Kedisiplinan dan Budaya seni yang ingin kita tampilkan, bagi kami Pulau kenawa adalah Museum Alam,” tandas Rendy dari Kla.

Dalam kunjungan ke Pulau Kenawa kali ini, Rendy bersama Musmulyadi Yowri (Sahabat Bumi), Lukman (Backpacker NBB), Anas Pataray (WSKD), Herianto (KabarNTB) dan Eko (Vesta Taliwang), bersama belasan rekan lainnya, mengabadikan sebuah papan karya seni pahat dengan tulisan hastag #bawahpulangsampahmu yang dipasang di sekitar Pantai Pulau Kenawa.

Mulai dari rencana hingga proses pembuatan papan nama tadi dijelaskan Yowri dilakukan secara sukarela dan bersama sama dengan semangat gotong royong.

“Kami menikmati aksi ini, hamper sepekan lebih hal yang mungkin banyak orang sederhana melakukannya tapi kami anggap ini penuh makna karena dilandaskan dengan nilai kebersamaan dan gotong royong,”tandas Yowri sapaan akrab Mus Mulyadi.

Lukman dari Backpacker NBB menilai, tulisan hastag #bawahpulangsampahmu yang sengaja dibuat dalam bentuk karya ukir ini, karena umumnya pengunjung ke Pulau kenawa mengabaikan sampah, biasanya pengunjung datang membawa makanan namun kurang rasa disiplin sampah dibuang begitu saja.

“Disini kan tidak ada yang menjaga Pulau kenawa, karena itu kami ingin mebangun semangat kedisiplinan, ini inisiatif bersama mari kita jaga Pulau kenawa secara bersama agar tetap bersih,” imbuhnya.

Rombongan anak muda ini menuju Pulau Kenawa kemarin menggunakan sepeda motor Vespa yang dimotori Eko dkk dari Taliwang menuju Dermaga Poto Tano.

“ Rasa kebersamaan terjalin erat disini, kita ingin kedepan semua kita berinisiatif sekecil apapun usaha dalam membangun Pariwisata mari kita buktikan dan bekerja,” demikian pungkas Herianto.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.