Puluhan Surfer Dunia Jajaki Ombak Sumbawa Barat

KabarNTB, Sumbawa Barat – Puluhan Surfer dari berbagai Negara akan menjejaki ombak di Pantai Balas Maluk Sumbawa Barat, dalam event Asian Surfing Championship (ASC) 2016, yang mulai digelar hari ini (17/7/16).

“ Ada 60 peserta dari sejumlah Negara dan ini merupakan seri ketiga ASC Pro Tour,” ujar Tipi Jabrix CEO ASC, kepada wartawan, disela sela pembukaan ASC, dalam rangkaian West Sumbawa Festival 2016, di Pantai Yoyo Sekongkang, Minggu (16/7/16).

hajiMereka Surfer, menurut saudara Artis Luna Maya ini, diantaranya berasal dari Jepang, Australia, Swiss, Amerika, Filipina, Jerman dan para Surfer Indonesia termasuk peselancar tuan rumah Sumbawa Barat.

Dipilihnya Sumbawa Barat sebagai salah satu lokasi Pro Tour ASC 2016, menurut Tipi Jabrix karena sejumlah Pantai di Sumbawa Barat memliki potensi ombak yang sangat layak untuk kejuaraan international, sebelumnya ia mengaku pernah berkunjung ke Sumbawa Barat disejumlah Pantai untuk Surfing, dalam catatannya banyak Pantai di Sumbawa Barat yang sangat potensial untuk Surfing.

“ Harapan kedepan agar Pemerintah bisa mengembangkan potensi yang ada ini dan terus menggelar event semacam ini, dalam rangka mengembangkan sector Pariwisata,”ujarnya.

ASC 2016 sebelumnya telah berlangsung di Pulau Mentawai, kemudian di Bali dan seri Ketiga ini di Sumbawa Barat.

“ Untuk tahun ini ada 12 seri yang akan kita gelar,” tandasnya.

Kemudian untuk mendukung daya tarik wisatawan khususnya dari mancanegara berkunjung ke Sumbawa Barat, disamping telah memiliki potensi Surfing tersebut, Tipi Jabrix mengingatkan Pemerintah KSB agar juga membangun Budaya dan Insfrastruktur penunjang.Pihaknya selaku EO event Surfing berskala International akan terus membantu dari sisi Promosi terutama berkaitan dengan Surfing.

Sementara itu, Panitia Lokal Cahyo Cahyadi kepada wartawan mengatakan, jika Surfing di Sumbawa Barat dapat dijadikan pintu masuk dalam pengembangan sector Pariwisata kedepan.

Menurutnya ada sekitar 50 juta lebih wisatawan yang berasal dari komunitas Surfer dari berbagai negara, mereka mengelilingi obyek surfing diberbagai tempat di Indonesia.

“ Sumbawa Barat ini sudah lama dikenal memiliki obyek Surfing yang menarik, teman teman bilang Sumbawa Barat ini Hawainya Indonesia, tinggal sekarang bagaimana kita menarik mereka kesini dengan menggelar event-event semacam ini, ” ungkapnya.

Event Surfing ASC ini merupakan rangkaiaan dari West Sumbawa Festival 2016, selain surfing juga ada lomba Volly Pantai dan Parade Band local.

Acara ini dibuka secara resmi, Minggu (16/7/17) di Pantai Yoyo Sekongkang oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr.W. Musyafirin, MM dan Senior Manager SR PT. NNT, H. Syafruddin Jarot selaku sponsor utama. Menurut rencana West Sumbawa Festival ini akan berlangsung hingga 20 Juli mendatang.(K-1)

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.