Wouw Pertumbuhan Pembangunan Manusia KSB, Tertinggi Di Indonesia

KabarNTB, Sumbawa Barat – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, jika pembangunan manusia di Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2015 pertumbuhannya luar biasa.

Pertumbuhan luar biasa ini merupakan pertumbuhan tertinggi diantara Kabupaten/Kota se Propinsi Nusa Tenggara Barat, bahkan melampaui pertumbuhan manusia NTB.

Kepala BPS KSB, Ir. Muladi menjelaskan, jika pertumbuhan pembangunan manusia KSB mencapai 1.77 %, diikuti Kabupaten Lombok Barat 1.73%, Kabupaten Sumbawa 1,64 % dan yang terendah Kota Mataram dengan pertumbuhan 0,58 %, sedangkan pertumbuhan NTB mencapai 1, 36 %.

“ Peringkat IPM bukan satu satunya ukuran pembangunan manusia, namun prestasi kemajuan pembangunan manusia dapat dilihat dari kecepatan pertumbuhannya.Pertumbuhan IPM NTB tertinggi di antara propinsi lain, berarti pertumbuhan IPM KSB tertinggi di Indonesia,” jelas Muladi, kepada wartawan diruang kerja Bupati KSB, Rabu (19/7/16).

Dijelaskan Muladi, jika IPM merupakan indeks komposit yang disusun oleh tiga indeks tunggal yang dianggap dapat merepresentasikan berhasil atau tidaknya pembangunan.

Menurutnya meningkatnya percepatan pembangunan manusia selama periode 2014-2015 karena seluruh komponen pembentuk IPM mengalami peningkatan.

Komponen tersebut dijelaskannya  antara lain, dimensi umur panjang dan hidup sehat, dimensi pengetahuan dan dimensi standar hidup layak.

databps“ Apa yang dicapai KSB ini tentu tidak terlepas dari program pembangunan yang dijalankan Pemerintah Daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr. W. Musyafirin, MM mengatakan, laju pertumbuhan manusia KSB ini diyakini akan terus melonjak kedepan seiring berjalannya program pemerintah daerah kedepan.

Menurutnya program yang dijalankan Pemerintah KSB sejalan dengan program BPS.

“ Ya kita selalu minta arahan-arahan dan konsultasi dengan BPS terutama dalam menuntaskan kebutuhan dasar masyarakat, seperti bedah rumah termasuk jambanisasi, ”demikian ungkap Bupati.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.