Batu Hijau Bootcamp Gelar Pelatihan Raih Sukses

KabarNTB, Sumbawa Barat – Komunitas Batu Hijau Bootcamp, sebelumnya dikenal sebagai Newmont Bootcamp, hari ini bekerja sama dengan SMPN 1 Maluk menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Motivasi Luar Biasa untuk Meraih Sukses”. Kegiatan berdurasi hampir 3 jam tersebut bertujuan untuk menginspirasi lebih dari 100 siswa-siswi agar berani bermimpi dan mengasah bakat serta talenta demi meraih cita-cita.

“Pada dasarnya, setiap manusia ingin meraih sukses. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana caranya. Melalui kegiatan “Timur ke Barat” yang diadakan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), kami berkesempatan untuk membagikan ilmu maupun pengalaman yang kami miliki sesuai kapasitas dan profesi masing-masing,” kata Aan Widhi Atma, pembicara seminar motivasi sekaligus alumni Batu Hijau Bootcamp angkatan ke-V.

Aan menambahkan, memiliki sebuah cita-cita merupakan sebuah keharusan. Namun nyatanya, masih banyak anak-anak Indonesia yang belum punya gambaran ingin menjadi siapa di masa depan.

Kepala Sekolah SMPN 1 Maluk Khusnarti, S.Pd mengatakan, “Kami berterima kasih atas kesediaan teman-teman komunitas Batu Hijau Bootcamp yang berkenan berbagi inspirasi bagi anak-anak kami. Ke depannya, kami berharap dapat berkolaborasi kembali demi mewujudkan generasi Sumbawa Barat yang optimis dan memiliki cita-cita tinggi.”

Alumni Bootcamp

Kegiatan “Timur ke Barat” lahir dari keinginan para peserta Batu Hijau Bootcamp untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat. Dihelat di 4 tempat, yaitu Maluk, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, mereka akan berkeliling dari satu titik ke titik lainnya untuk berbagi kisah dan pengalaman dengan anak-anak serta remaja sekitar.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2011, program Batu Hijau Bootcamp telah digelar lima kali dan memberangkatkan peserta ke tambang Batu Hijau milik PTNNT di Sumbawa Barat, dengan beragam usia, profesi, asal daerah, namun memiliki semangat tinggi untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial.

“PTNNT berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan tambang yang transparan. Program Batu Hijau Bootcamp didesain secara utuh yang menyentuh aspek kognitif, konatif, dan afektif dari para peserta. Kami bangga dengan semangat dan tekad para anggota komunitas untuk terus berbagi ilmu dan pengalaman kepada masyarakat di sekitar mereka,” ujar Rubi W. Purnomo, Juru Bicara PTNNT.

Tentang Batu Hijau Bootcamp

Peraih penghargaan internasional Golden World Awards 2016 dari International Public Relations Association (IPRA), Batu Hijau Bootcampmerupakan program edukasi bagi masyarakat umum untuk melihat langsung proses penambangan dan aktivitas masyarakat di sekitar area tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Melalui program yang disampaikan secara transparan ini, peserta melihat praktik penambangan terbaik dan bertanggung jawab yang kami lakukan, sejak batuan ditambang, diproses, pemantauan terhadap lingkungan, hingga persiapan penutupan tambang. Peserta juga tinggal dan merasakan langsung kehidupan masyarakat di desa-desa sekitar area tambang, serta mengunjungi daerah-daerah wisata di Kabupaten Sumbawa Barat.

bootcampppDalam kegiatan ini, peserta menyampaikan pengalaman mereka, baik positif maupun negatif, melalui media sosial yang dimiliki secara bebas dan tanpa ada intervensi dari PTNNT. Program ini tidak dipungut biaya dan para peserta juga tidak mendapatkan imbalan dari penyelenggara.

Beberapa peserta juga sempat melihat lokasi bekas lahan tambang PT Newmont Minahasa Raya (PTNMR) di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, yang telah ditetapkan sebagai kebun raya nasional oleh Pemerintah Indonesia dan merupakan bekas tambang emas pertama di Indonesia yang ditetapkan menjadi kebun raya. Di bekas tambang ini, para peserta melihat program penutupan tambang yang telah dilakukan oleh perusahaan sejak 2004, termasuk melihat lokasi tambang yang kini hanya menyisakan danau dan hutan dengan tumbuh-tumbuhan bernilai ekonomi tinggi, serta habitat yang sesuai dengan serangga dan hewan asli setempat.(K-1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.