Di Bali, Wabup KSB Presentasikan Normalisasi Danau Lebo

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat terus berupaya melakukan lobby terhadap pemerintah Pusat, untuk normalisasi kawasan Danau Lebo Taliwang.

Seperti yang dilakukan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin siang tadi, Selasa (9/8/16) bertempat di Taman Nasional Bali.

Dihadapan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Wabup menyampaikan presentasi terkait potensi dan permasalahan yang dihadapi Pemkab Sumbawa Barat dalam upaya pengembangan Danau Lebo Taliwang, bagi kesejahteraan masyarakat.

Menurut Wabup, Dirjen KSDAE menyambut baik presentasi yang disampaikan.Dikatakan Wabup sejumlah point penting menjadi respon positif Dirjen KSDAE dalam menyelesaikan normalisasi Danau Lebo tersebut.

wabup leboDijelaskannya, yang pertama Dirjen KSDAE bersama para Direktur dan pejabat di lingkungan Kementerian LHK akan segera berkoordinasi dengan Dirjen lainnya dibawah Kementerian LHK.Kemudian yang kedua, Dirjen KSDAE menyarankan agar team normalisasi yang sudah terbentuk agar segera membuat Masterplan jangka pendek dan jangka panjang. Dan yang ketiga Dirjen juga akan segera berkòordinasi dengan Kementrian terkait seperti Kementerian PU dan Pariwisata

“ Dirjen juga meminta Pemda juga melakukan hal yg sama,” ujar Wabup.

Selain itu, Dirjen KSDAE menurut Wabup juga meminta kepada kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali- Nusa tenggara agar menyiapkan format MOU antara Kementrian LHK dan Pemkab Sumbawa Barat.

“ Mou ini agar bisa sesegera mungkin, sehingga tim dapat bekerja didalam wilayah konservasi Alam Lebo Taliwang dan akan mengusahakan agar dalam rangka pengerukan dan pencanangan kebersihan Lebo Taliwang akan dihadiri oleh ibu Menteri LHK,”jelas Wabup.

Sementara itu, tim yang terdiri dari P3E Bali –Nusra dan BKSDA NTB menurut Wabup lagi, akan turun untuk mengajak para nelayan di sekitar rawa lebo dan para pihak yang berkepentingan untuk dapat duduk berdiskusi bersama yang akan diselenggarakan di Taliwang pada tanggal 18 agustus mendatang.

“ Dalam normalisasi Lebo ini, Pemkab KSB juga diharapkan mampu untuk menggandeng Funding luar negeri atau lembaga donor untuk memback up anggaran dalam rangka percepatan normalisasi ekosistem Danau lebo Taliwang, “ ungkap Wabup Fud Syaifuddin, ST (K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.