FPKD Goes To School Ke Sejumlah Sekolah Di KSB

 

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dunia masa depan diyakini semakin penuh dengan tantangan dan persaingan, karena itu menumbuhkan kreativitas, inovasi, kesiapan mental dan penyadaran diri bagi generasi yang ada saat ini terutama kalangan siswa menjadi penting.

Untuk itulah Forum Pemantau Kebijakan Daerah (FPKD) yang disupport PT. Newmont Nusa Tenggara menggelar Goes To School, dengan mengadakan seminar kepemimpinan dan training jurnalistik di sejumlah Sekolah yang dimulai dari SMK Negeri 1 Taliwang, Sabtu (20/8/16).

Dalam kegiatan ini melibatkan puluhan siswa pengurus OSIS dan Pramuka dengan pembicara Indra Irawan LM, S.Kom Ketua Lembaga Pelatihan dan Keterampilan Media Kabar.

“ Kegiatan ini sengaja kami gelar khusus bagi siswa disejumlah sekolah di KSB, karena merekalah pemilik masa depan. Kesempatan ini kami berbagi sekaligus belajar bersama-sama siswa bagaimana membangun spirit kearah lebih baik kedepan,” ujar Zulkiefli Bujir Ketua FPKD KSB.

Dalam kesempatan ini, pembicara Indra Irawan LM menanamkan kepada peserta untuk berpikir menjadi pribadi yang sukses.Sukses yang dimaksud bukan dilihat dari seberapa materi yang dimiliki, namun sukses yang sebenarnya bermanfaat bagi orang lain.

“ Sebaik-baiknya sukses adalah bermanfaat bagi orang lain,” tandas Indra mengutip H.R Tharmidzi.

Dalam materinya, Indra Irawan yang juga Pimpinan Umum Media KabarNTB, memulai pemaparannya tentang sikap mental yang perlu disiapkan yakni dimulai dari kesiapan diri sendiri untuk mau berubah.Menurutnya dalam meraih kehidupan yang sukses factor dari dalam diri sangat menentukan kesuksesan setiap individu, bagaimana dia berpikir dan bertindak.

“ Sukses itu erat kaitannya dengan jiwa kepemimpinan, sebelum bisa memimpin orang lain terlebih dahulu memimpin diri sendiri tentu dengan persiapan, penyadaran diri, pola pikir dan kesiapan mental,” katanya.

Untuk itu dalam kesempatan ini, Indra berulang kali mengajak siswa peserta seminar agar pentingnya kebiasaan membaca buku digalakkan terutama buku yang berkaitan dengan pengembangan diri disamping buku yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan skill yang dimiliki.

“ Untuk menghasilkan sesuatu yang positif, dibutuhkan infut yang positif didalam pikiran, karena sukses itu diawali dari pikiran yang akan membentuk tindakan, ucapan, kebiasaan, karakter dan menentukan nasib,” ujarnya.

Membaca buku terutama buku pengembangan diri yang bersifat positif menurutnya, adalah nutrisi otak yang akan membentuk pola piker yang baik,yang akan membentuk kebiasaan dan karakter yang baik pula.

fpkddDengan gaya bahasa yang lugas dan metode penyampaian materi yang melibatkan partisipasi peserta, disamping memperkenalkan contoh-contoh dilapangan,  Indra selanjutnya menyampaikan materi kedua tentang Jurnalistik, materi tentang menulis berita dan untuk apa menulis, merupakan salah satu skill yang menjadi focus seminar ini.Dalam materi ini Indra mengupas tuntas tentang Jurnalistik berikut cara praktis menulis berita.

“ Seminar ini intinya pertama kita buka dulu mindset berpikir anak-anak untuk berpikir positif, selanjutnya kita isi dengan tambahan skill salah satunya skill menulis khusus berita, diharapkan dengan kemampuan tersebut kedepan mereka bisa memanfaatkannya dalam dunia kerja maupun di kampus saat melanjutkan studi, menambah skill bagi siswa dan kalangan generasi  muda sama dengan menyiapkan diri membuka rejeki dari banyak pintu, dan kemauan belajar menambah skill apapun itu bentuknya selama positif dan bermanfaat juga menjadi dorongan kami melalui seminar ini,”pungkas Indra Irawan LM.

Sementara itu, sejumlah siswa peserta Goes To School SMK Negeri 1 Taliwang mengaku merasa senang mengikuti kegiatan ini, Jihad Fatahillah misalnya menyampaikan testimoninya jika materi yang disampaikan itu revolusi mental bangsa untuk menjadi orang sukses sangat dibutuhkan generasi muda, karena menurutnya  zaman sekarang generasi bangsa banyak yang rusak moralnya maka harus di lakukan sosialisasi di setiap sekolah.

“  Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan disenangi oleh siswa dan kami semangat belajar,” katanya.(K-2)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.