Kencing Manis & Darah Tinggi, Dominasi Penyakit Jamaah Haji KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Penyakit kencing manis atau diabetes dan darah tinggi, menjadi penyakit yang umumnya diderita manusia usia 40 tahun keatas, termasuk sejumlah calon jamaah haji asal Sumbawa Barat yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2016.

Menurut staf medis pendamping calon jamaah haji dari Dinas Kesehatan KSB, Suhoda, sejumlah calon jamaah haji yang terindentifikasi penyakit kencing manis dan darah tinggi akan diberi tanda khusus berupa pemasangan gelang ditangannya agar mudah dikontrol.

“ Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan sebelumnya, semua calon jamaah haji KSB dinyatakan fit hanya saja memang perlu pengawasan khusus terutama yang mengidap dua penyakit tadi, karena itu kita akan pasang gelang ditangan sebagai petunjuk bagi tim medis untuk melakukan pengawasan,”ujar Suhoda, disele-sela simulasi manasik haji, calon jamaah haji asal KSB, di Alun-alun Kota Taliwang, siang tadi rabu (10/8/16).

hjSementara itu, ditempat yang sama Kepala Kantor Kementeriaan Agama KSB,  Syarifuddin mengatakan jumlah calon jamaah haji asal KSB tahun 2016 berjumlah 87 orang, jumlah tersebut menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 94 jamaah.

Calon jamaah haji asal KSB, menurutnya akan terbang melalui embarkasi Lombok dengan kloter 9 dan akan bertolak dari Taliwang pada tanggal 3 September mendatang.

Dalam kesempatan ini Syarifuddin juga menegaskan, jika calon jamaah haji yang diberangkatkan berdasarkan kuota dari Pemerintah Propinsi, dan telah diatur dalam system keberangkatan secara nasional oleh Kementeriaan Agama.

“ System ini mengatur sesuai registrasi, namun ada skala prioritas bagi calon jamaah haji yang berusia lanjut 90 tahun, yang usia 90 tahun ini diutamakan diberangkatkan dan paling telat dua tahun sejak pendaftaran,” ujar Syarifuddin.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.