Peringati HUT RI Toko Modern Nasional Disorot Di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Sumbawa Barat disambut suka cita oleh segenap komponen masyarakat, entah dipelosok desa hingga di dalam kota partisipasi masyarakat sangat besar.

Hal tersebut sudah sepantasnya sebagai bentuk rasa cinta dan jiwa nasionalisme terhadap tanah air.Berbagai kegiatan menyambut HUT RI pun digelar mulai dari lomba hiburan, pawai, gerak jalan hingga acara puncak apel upacara antusiasme dan partisipasi masyarakat begitu luar biasa.

Tidak terkecuali dengan atribut dan aksesoris nuansa merah putih dirumah-rumah warga, kantor instansi pemerintah dan perbankkan, selain bendera tanda kebesaran, atribut lainnya seperti spanduk, dan umbul – umbul warna warni nampak menghiasi hampir seluruh sudut di bumi Pariri Lema Bariri.

Sayangnya bentuk partisipasi menyambut hari besar nasional tersebut sedikit hambar, ketika sejumlah perusahaan nasional Toko Modern seperti, Alfamart dan Indomaret, justru tidak menampakkan geliat yang besar, menyambut momentum setahun sekali tersebut.

Begitu juga dengan restoran Quick Chicken satu-satunya gerai yang dimiliki yang berada di Jalan Ahmad Yani Taliwang, juga nyaris tanpa nuansa dan atribut merah putih.

Pantauan Media ini di Kota Taliwang khususnya, sejak H-3 tanggal 17 Agustus dari sekian gerai Alfamart dan Indomaret nyaris tanpa atribut, alfamart hanya memasang satu umbul –umbul dan bendera merah putih di depan toko, bahkan parahnya disejumlah gerai yang dimiliki bendera merah putih diikat seadanya bahkan ada yang digantung ditiang listrik.

Begitu juga dengan Indomaret hampir sama dengan atribut seadanya, kondisi ini nampak sangat berbeda dengan atribut yang ada di rumah -rumah warga disekitarnya yang begitu ramai dan kelihatan semarak satu dengan yang lainnya, hingga begitu nampak perbandingan yang mencolok dengan kondisi yang ada di toko modern tersebut.

Nuansa mencolok tersebut jelas menjadi sorotan sejumlah warga di KSB, Syamsuryadi misalnya, menyoal jika Alfamart terkesan kurang perhatian.

“ Smata ka toko nonya rasa TERIMAKASIH LO PARA PAHLAWAN DAN PARA PEJUANG.. paling tidak kalo tidak mau dihias iya pasang umbul umbullah..sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan HUT RI KE 71 …ALFAMART ALFAMART ALFAMART….,!!!!,” tulis Syamsuryadi seperti dikutip di akun Facebook disalah satu group diskusi, Suara Rakyat.

a11

Salah satu Gerai Alfamart di Taliwang.Bendera Merah Putih Diikat ditiang listrik.(Sumber Foto : Syamsuryadi)

Apa yang ditulis Syamsuryadi yang juga staf khusus Bupati KSB di Media Social tanggal 17 Agustus tersebut, sontak disambut beragam cibiran oleh anggota diskusi lainnya. Pemilik Akun Bagur Putra misalnya merespon jika kegiatan negara saja diabaikan menurutnya bagaimana dengan kegiatan kecil lainnya.

“Semuanya  pak nggak ada. Hehehe! Indomart alfamart sama, jawa begitu juga,” salah satu komentar lainnya dari pemilik akun Iman Poetra Tarano.

Syamsuryadi  yang juga Politisi PDIP ini juga kembali menegaskan,  jika apresiasi dengan memasang atribut adalah bentuh cinta dan menghormati para pejuang.

“ Wawasan kebangsaan dan  rasa partisipaai serta rasa empati kepada para pendahulu kurang ditunjukkan,” katanya kepada KabarNTB, Kamis (18/8/16).

Sementara itu, dikonfirmasi KabarNTB salah seorang staf Alfamart Henny mengaku jika perusahaannya sudah menginstruksikan agar memasang atribut.

“ Sudah kok pak,  dari kemarin memang sudah dipasang dan  setiap toko harus report pemasangan ke management,” jawabnya.

Iia pun mengirim sejumlah foto sebagai bukti kepada media ini, lebih jauh Henny mengarahkan Media untuk menkonfirmasi ke staf lainnya bagian CSR Alfamart di Mataram, sayangnya dihubungi via WA yang bersangkutan hingga berita ini diturunkan tidak merespon.

Sedangkan pihak Quick Chicken melalui salah satu karyawannya di gerai mengatakan tidak ada instruksi dari pusat, begitu juga konfirmasi dengan sejumlah karyawan Indomaret mengaku tidak tahu menahu dan punya wewenang memberikan keterangan kepada media.(K-1)

 

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.