Seru … Pemilihan OSIS SMA 1 Taliwang, Ikuti Standar Pilkada

KabarNTB, Sumbawa Barat – Tidak seperti biasanya, pemilihan pengurus OSIS SMA Negeri 1 Taliwang, Sabtu (6/8/16) berlangsung dalam suasana yang demokratis, tak ubahnya seperti pemilihan Kepala Daerah.KPU Sumbawa Barat pun ikut mendampingi suksesi pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2016 – 2017 tersebut.

“ Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Taliwang kemarin adalah miniatur Pilkada, ini merupakan pendidikan demokrasi pada pemilih pemula, “ ujar Alia M Nur, Komisioner KPU KSB, kepada KabarNTB, Sabtu (6/8/16).

Dijelaskan Alia, tahapan-tahapan pada pemilihan OSIS ini, mengacu kepada tahapan pemilhan Bupati dan Wakil Bupati. Dimulai dengan pendaftaran calon, verifikasi calon, ditetapkan sebagai calon tetap lengkap dengan visi misi, ada timses masing-masing calon, ada sesi kampanye dan debat calon.

osisssssssss222KPU Sumbawa Barat menurut Alia, melakukan pendampingan sampai pemungutan suara, kemudian penghitungan suara sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

“ Melihat antusiasme para siswa dan seluruh civitas akademik SMAN 1 Taliwang dari 644 siswa yang memiliki hak pilih hanya 36 yang tidak memberikan hak pilih karena berhalangan hadir. Ini menunjukkan tingkat partisipasi yang cukup tinggi, “ ujar Alia lagi.

Sebanyak 4  kandidat pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS tampil dalam proses pemilihan tersebut, menariknya menurut Alia, pihak sekolah sangat mendukung proses yang demokratis dan tidak menginterpretasi panitia pemilihan yang merupakan siswa siswi juga.

Adapun pasangan calon terpilih yakni,  Muhammad Harritsyah Putra sebagai Ketua OSIS dan Eka Nofriansyah sebagai wakil ketua.

“ Kita berharap ini merupakan pembelajaran demokrasi, karena pemilih pemula merupakan harapan besar sebagai pemilih yang cerdas yang mengedepankan kredibilitas calon,” demikian kata Alia M Nur. (K-2)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.