Tinggi Partisipasi Masyarkat Kuang Ikuti Lomba Kebersihan

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat meningkat” tandas Syaifullah S.STP Lurah Kuang

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebagai salah satu rangkaian perayaan hari kemerdekaan RI ke 71, Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang melaksanakan Lomba kebersihan Tingkat RT se-Kelurahan Kuang.

Kegiatan yang telah dilaksanakan mulai awal Agusutus 2016 tersebut, telah melewati beberapa tahapan sebelumnya berupa koordinasi ditingkat Lingkungan dan RT masing-masing. Sebanyak 28 RT di Kelurahan kuang, selama satu bulan penuh melakukan persiapan dan koordinasi dengan masyarakat guna memaksimalkan persiapan kegiatan.

Setiap warga membenahi rumahnya masing-masing dengan memasang umbul-umbul, mengecat pagar, memasang bak sampah, memasang lampu penerangan didepan rumah, dan membenahi halaman rumahnya agar kelihatan rapi.

Sepanjang pantauan media, masing-masing RT tidak mau kalah dengan penataan rumah warganya. Keserasian warna pagar, warna bak sampah, dan pemasangan pernak-pernik hiasan menjadi keunggulan masing-masing RT. Beberapa lingkungan dan RT disibukkan dengan pembuatan gafura, pemasangan spanduk dan hiasan yang bernuansa hari kemerdekaan.

Ditemui media, Piadi salah satu Ketua RT di Lingkungan Sebubuk menjelasakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan atas kesadaran warga sendiri.

“ Kegiatan gotong royong pembenahan RT ini kami laksanakan atas partisipasi dan swadaya dari warga. Warga menyumbangkan masing-masing yang mereka miliki sesuai dengan kemampuan. Ada yang menyumbang uang dan ada juga yang menyumbang material,” ungkap Piadi.

rt kuangSementara itu, Indra Irawan LM salah satu warga dilingkungan Motong menyampaikan apresiasi yang baik terhadap kesadaran masyarakat khususnya di Lingkungan Motong.

“Saya melihat masyarakat cukup antusias ikut serta dalam perlombaan tahun ini. Partisipasi dan kekompakan warga dengan aparat RT dan Kepala Lingkungan terlihat dengan keseragaman tampilan di rumah masing-masing warga. Ini hal yang baik, dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagi RT lain yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, “ ungkap iir sapaan akrabnya.

Sementara itu Lurah Kuang, Syaifullah S.STP menjelaskan bahwa perlombaan RT tahun ini telah kita persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya dan melakukan koordinasi dengan para kepala Lingkungan dan Ketua RT.

“Kami telah menginstruksikan kepada para ketua RT dan Kepala Lingkungan terkait dengan pelaksanaan lomba pada beberapa kali rapat.  Alhamdulillah Para Kepala Lingkungan dan Ketua RT cukup respek dan menindaklanjutinya di tingkat lapangan dengan segera, dan sesuai dengan pantauan kami di lapangan, dibandingkan tahun sebelumnya partisipasi warga terhadap perlombaan di tahun ini cukup tinggi, mencapai 85 %”,” ungkap Epul sapaan akrabnya.

Ia kemudian menambahkan bahwa, meskipun demikian pihaknya terus melakukan koordinasi dan pendekatan terhadap masyarakat, agar masyarakat tetap sadar akan pentingnya kebersihan, ketertiban dan kenyamanan didalam masyarakat, bukan saja pada saat pelaksanaan lomba, tetapi terus menerus dapat dijaga dan dipelihara.

“ Kami akui bahwa masih ada permasalahan didalam masyarakat yang masih perlu kami benahi. Seiring dengan perjalanan waktu, ini akan terus kami benahi, “ demikian ujar Lurah yang ramah dan murah senyum ini.(K-2)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.