Akun Facebook Atas Namakan Amir Ma’ruf Makin Merajalela

KabarNTB, Sumbawa Barat – Penipuan menggunakan Media Social Facebook kerap kali terjadi, jika kita tidak waspada bisa saja menjadi korban.Akun Facebook mengatasnamakan orang lain atau tokoh public menjadi salah satu cara yang digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk penipuan.

Setelah sebelumnya akun Facebook yang mengatasnamakan Senior Manager Social Responsibility PT. Newmont Nusa Tenggara, H. Syafruddin Jarot, diduplikat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kali ini giliran KH. Amir Ma’ruf Husain, Wakil Ketua DPRD Sumbawa Barat namanya dicatut dan dibuatkan Facebook yang hampir menyerupai akun Facebook asli yang bersangkutan dengan nama akun Amir Ma’ruf.

Sejak tiga hari terakhir Akun Facebook duplikat Amir Ma’ruf ini beredar menjalankan aksinya dengan modus minta dikirimkan pulsa Rp. 100 ribu dengan cara menghubungi korban via inbox atau massanger Facebook.Hingga berita ini diturunkan, Minggu (11/9/16) belum ada laporan resmi siapa saja yang merasa dirugikan akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

“Bisa minta tolong isiin pulsa…Soalnya disini ga ada yang jual pulsa indo…Mau isi pulsa dari m-banking sedang eror..soalnya ada yang mau dihubungi penting…soalnya pulsa bener-bener kosong..Bagaimana bisa di isiin sebentar…Ntar diganti uang pulsanya…Tolong ya,” seperti ini lah tulisan di inbox akun duplikat atas nama Amir Ma’ruf  saat mengubungi calon korbannya.

Sejauh ini sebagian warga KSB sudah mengetahui bahwa akun tersebut diduplikat, karena sudah diumumkan oleh sejumlah warga pemilik akun yang telah dihubungi sebelumnya dan memastikan jika itu bukan asli dari KH. Amir Maruf.

Namun demikian hingga Minggu Malam akun ini tetap saja melakukan aksinya dengan modus yang sama minta dikirimin pulsa ke nomor 081262265549.

“ Saya baru dihubungi minggu sore, padahal kita juga sudah tahu bahwa itu palsu, tapi kalau orang yang belum mengetahui ini palsu bisa saja kena tipu, karena itu pentingnya penyebaran informasi dilakukan dan saling mengingatkan. ”kata Indra Irawan LM dari Media KabarNTB.

fbMedia inipun mencoba mencari informasi tentang kode area nomor simpati dari Telkomsel yang digunakan untuk tujuan pengiriman pulsa, dengan mencermati lima angka pertama di nomor kartu tersebut yakni,  08126.Jika dicermati nomor tersebut berasal dari wilayah Batam dan beberapa wilayah di Sumatera bagian utara.

“ Bisa jadi pelaku penipuan ini berasal dari Batam atau beberapa daerah di Sumatera Utara, tapi meski nomornya berasal dari kode area sana bisa juga digunakan di daerah lainnya oleh pelaku, ya kita berharap aparat Kepolisian bisa melacak pelaku modus penipuan melalui Media Social seperti ini, apalagi sekarang Polisi punya fasilitas yang cukup canggih terutama di Polda NTB, sehingga kedepan modus penipuan melalui Internet ini tidak semakin merajalela,”harap Indra.

Sementara itu, pantauaan media setelah mengetahui akun Facebooknya diduplikat, KH. Amir Ma’ruf politisi Partai Bulan Bintang ini, telah mengganti foto Profil akun Facebooknya yang sehari hari digunakan, sedangkan akun Facebook yang diduplikat oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut, menggunakan foto profil yang sebelumnya digunakannya. (K-Y).

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.