Event Paralayang Di Mantar Akan Dijadikan Agenda Tahunan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 146 atlit Paralayang yang berasal dari berbagai daerah di tanah air dan sejumlah peserta dari luar negeri, ambil bagian dalam Seri III Paragliding Trip Of Indonesia (Troi) di Desa Mantar.

Event Paralayang yang di Sponsori PT. Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) ini merupakan kali kedua digelar, setelah tahun sebelumnya sukses digelar yang melibatkan atlit dari berbagai Negara.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat seperti disampaikan Bupati HW Musyafirin berkomitmen akan menjadikan event Paralayang di Mantar sebagai agenda tahunan.

Hal ini dilakukan menurut Bupati dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, disamping mendukung Mantar sebagai Desa Budaya.

Untuk penyelenggaraan Event Paralayang tahun ini, Managemen PT. NNT selaku sponsor utama mengaku puas dapat membantu terlaksananya event tersebut, dimana menurut H. Syafruddin Jarot, Senior Manager Social Responsibility PT NNT jumlah peserta semakin bertambah jika dibanding sebelumnya.

PT. NNT mendukung Sport Tourism khusus olahraga Dirgantara ini, disamping membantu menggelar event juga melakukan pembinaan terhadap warga setempat, selain itu juga membangun Insfrastruktur pendukung.

Sementara itu, pantauaan media ini penyelenggaraan Troi Seri III kali ini cukup menarik perhatian masyarakat KSB dan sekitarnya, dihari pertama pembukaan ribuan warga berkunjung ke Desa dipuncak gunung tersebut.

Hari ini, Jum’at (2/9/16) merupakan hari kedua pelaksanaan Troi dan akan berakhir Minggu 4 September mendatang, di hari kedua tersebut minat warga menyaksikan event ini tak kalah antusias, dimana dihari ini sejumlah peserta mulai menunjukkan kebolehannya.

mnMenurut Panitia Troi, ada 5 kategori yang diperlombakan dalam event ini yakni Ketepatan Mendarat Senior Putra dan Putri, Ketepatan Mendarat Junior Putra dan Putri serta kategori tandem sesama pilot.

Besok, Sabtu (3/9/16) dan hari Minggu dipastikan bakal semakin ramai pengunjung mengingat dua hari terakhir para peserta akan menunjukkan kebolehannya terbang menggunakan parasut tersebut, sejumlah atlit dunia seperti Lies Andriani tampil dalam event Troi di KSB ini.

Desa Mantar saat ini dengan adanya Event Paralayang yang rutin digelar tidak hanya menarik minat warga local, namun Mantar semakin dikenal baik di dalam negeri maupun mancanegara, sejumlah atlit sebelumnya mengaku senang datang ke Mantar.

“ Pemandangan disini sangat bagus dan luar biasa, Mantar ini mirip Turki,saya sudah 4 kali datang kesini dan saat ini saya bawah tiga rekan lainnya dan kita semua senang terbang disini,” ujar Lies Andriani juara dunia 3 kali asal Kalimantan Timur tersebut, kepada KabarNTB tentang kesannya terhadap Mantar.

Tak hanya Lies yang pernah terbang di berbagai Negara dalam kejuaraan dunia Paralayang, Julian asal Bosnia dan Kevin asal Amerika juga menagku kagum dengan Desa Mantar.

“ Mantar Aida, KSB Luar biasa,” katanya memberi kesan, sembari menirukan ucapan Bahasa Indonesia yang diarahkan Zaidul Bahri dari Paragliding Mantar West Sumbawa.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.