Hingga 5 Tahun Kedepan Danau Lebo Akan Di Normalisasi

KabarNTB, Sumbawa Barat –  Keberadaan Danau Lebo Taliwang nampaknya menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dibawah kepemimpinan Bupati HW Musyafirin dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin.

Danau yang selama ini merupakan kawasan konservasi dimana hak penguasaannya oleh Pemerintah Pusat, terus diperjuangkan pemerintah KSB agar pengelolaannya dapat segera dinikmati masyarakat secara luas dengan dilakukan normalisasi terlebih dahulu.

Berbagai langkah termasuk melobby Pemerintah Pusat terus dilakukan Pemkab KSB, hingga akhirnya dua lembaga Kementerian, masing-masing Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sepakat menjalin kerjasama mendukung Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam upaya normalisasi Danau Lebo tersebut hingga kurun 5 tahun mendatang.

Ikatan kerjasama Ketiga lembaga Pemerintah ini disepakati yang ditandai dengan penandatanganan kerjasama yang berlangsung hari ini, Rabu (14/9/16) di Jakarta.

“ Yang bertandatangan adalah Bupati KSB mewakili Pemda KSB, Bapak Widada mewakili Kepala BKSDA NTB sebagai Perwakilan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan Bapak Asdin Kepala BWS Tenggara 1 Perwakilan Kemeterian PU PR yang disaksikan langsung oleh Bapak Dirjen BKSDAE Kementrian KLH,” terang Wakil Bupati Fud Syaifuddin, kepada KabarNTB, Rabu (14/9/16).

lbDitegaskan Wabup, pengerjaan normalisasi Danau Lebo dipastikan akan dimulai tahun ini, dimana 3 lembaga bersepakat untuk mengintervensi proses pembangunan dan normalisasi termasuk dukungan anggaran.

Menurut Wabup, Kementerian PU akan membantu peralatan untuk pengerukan dan pembersihan lebo, sedangkan Kementerian Kehutanan dan lingkungan hidup akan menyiapkan perencanaan yangg matang dan pemberian izin bagi Pemkab KSB dan PU untuk dapat melaksanakan pembersihan Danau Lebo.

“Insya Allah mulai tahun ini proses normalisasi Danau Lebo dilakukan, ini sebagai hadiah Harla KSB, semoga nantinya dapat dimanfaatkan oleh Para Nelayan,Para Petani dan Masyarakat untuk Agro Wisata alam, semoga ini semua dapat berjalan lancar dan dapat bermanfaat yangg sebesar-besarnya untuk rakyat,amin,” demikian harap Wabup Fud Syaifuddin. (K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.