Hingga September 1770 TKI Asal NTB Dideportasi Dari Malaysia

KabarNTB, Mataram – Sebanyak 1770 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berasal dari Propinsi Nusa Tenggara Barat telah dideportasi dari Malaysia.

Kepala bidang penempatan dan perluasan tenaga kerja Disnakertrans NTB, H.Zaenal menyatakan, jumlah tersebut tercatat sejak Januari hingga bulan September 2016.

“Jika dibandingkan tahun lalu TKI NTB yang dideportasi sebanyak 2.130 orang, TKI asal NTB yang dideportasi dari Malaysia tersebut yang paling banyak berasal dari Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah,” terang H. Zaenal kepada KabarNTB di Mataram, Rabu (14/9/16).

Menurutnya, dari jumlah 1770 orang TKI yang dideportasi tersebut, sebanyak 139 orang diantaranya dipulangkan dari Malaysia baru-baru ini yakni pada Senin 11 September lalu, adapun penyebab deportasi ditegaskannya, karena sudah habis masa tinggal /overstay serta sebagian diantaranya tidak adanya kelengkapan atau dokumen.

“ TKI yang dipulangkan pada Senin lalu, langsung dibawa ke LTSP atau Layanan Terpadu Satu Pintu dan setelah itu lansung dipulangkan kerumah masing- masing,” ujar H. Zaenal.

Ditambahkannya, TKI yang berasal dari NTB di Malaysia 95 % bekerja diladang dan kebun sawit, dimana dalam kontrak kerjanya berlaku selama tiga tahun dengan upah sebesar 900 ringgit.

Untuk tahun ini NTB berada diposisi pertama pengiriman TKI terbanyak dengan jumlah mencapai 3000 orang, NTB menggeser posisi Jawa Barat yang sebelumnya berada diposisi daerah dengan jumlah pengiriman TKI paling tinggi selama ini.

“ Data tersebut dirilis oleh BNP2TKI tahun lalu NTB berada diposisi ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. Adapun jumlah TKI terbesar di NTB berasal dari Lombom Timur. Untuk tahun lalu saja pengiriman TKI asal Lotim sebanyak 23 ribu orang. Dimana sebagian TKI bekerja ke Malaysia sebesar 97%, sisanya bekerja di Hongkong dan Korea,”demikian terang H. Zaenal.(K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.