Asyiknya Nyeberang Lombok – Sumbawa Dengan Kapal Cepat Datu Seran

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sarana transportasi laut antara Pulau Lombok dan Sumbawa sebentar lagi memiliki alternative yang nyaman dan cepat, bagi wisatawan dan warga dikedua pulau, menyusul akan segeranya beroperasi Kapal Cepat Datu Seran Express.

Menurut rencana, kapal dengan bobot 131 GT dengan kapasitan 200 penumpang ini akan mulai beroperasi awal Nopember 2016.Untuk sementara akan membuka rute penyeberangan Benete – Kayangan dan Sengigi pulang pergi.

Selain membuka rute penyeberangan tersebut, Datu Seran Express dikatakan Faturrahman selaku pengelolah dibawah bendera PT. Kaleang Sakti ini, akan membuka jalur utama Labuhan Lalar (Pulau Sumbawa/KSB) menuju  Labuhan Haji (Lotim) dan Senggigi (Lobar).Selain itu juga direncanakan membuka jalur penyeberangan menuju Pulau Moyo Sumbawa.

“ Kita sudah rencanakan rute-rute tersebut, untuk ke Pulau Moyo kita sedang jejaki kemudian ke Labuhan Haji masih menunggu pontoon dermaga, termasuk di Labuhan Lalar, jadi sementara kita akan awali dengan rute benete, kayangan dan senggigi,”katanya, Minggu (30/10/16) saat melakukan penyeberangan uji coba bersama awak media.

Saat ini Datu Seran Express untuk sementara memiliki 1 unit armada, seiring pembukaan rute baru pihak PT. Kaleang Sakti dikatakan Omen, sapaan akrab Faturrahman, juga berencana menambah 1 unit armada lainnya yang akan membuka rute penyeberangan Labuhan Lalar  menuju Pantai Goa Sumbawa dan Pelabuhan Calabai Dompu.

Sementara itu, dalam penyeberangan uji coba bersama awak media siang tadi, Kapal Cepat Datu Seran Express ini nampak begitu nyaman ditumpangi, perjalanan tadi dimulai dari Pelabuhan Benete menuju Pelabuhan Kayangan dengan kecepatan rata-rata 27 knot, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Datu Seran Ekspress menurut pihak pengelolah memiliki kecepatan hingga 30 knot, jarak tempuh antara satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya tergantung kecepatan dan situasi ombak dan cuaca.

Dalam perjalanan siang tadi ombak cukup besar mulai dari pelabuhan Benete, namun ombak besar tidak membuat kapal ini oleng bahkan nyaris tanpa goyang.Semakin cepat kapal ini melaju justru semakin nyaman ditengah ombak tersebut.

14591823_10207870986354979_7421876543397622993_nSetelah dari Pelabuhan Kayangan, Datu Seran Express siang tadi diuji coba menuju Poto Tano, dengan kecepatan 28 knot Kayangan Poto Tano ditempuh 20 menit. Dari Poto Tano Kapal Cepat melintasi sepanjang pesisir KSB, kemudian mampir di Dermaga Labuhan Lalar hingga berakhir kembali di Pelabuhan Benete.

“ Sangat nyaman dan cepat,  ini sebuah sarana tepat menghubungkan Sumbawa dan Lombok, yang bisa dimanfaatkan warga dan wisatawan,”ujar Farid salah satu penumpang yang ikut dalam pelayaran uji coba siang tadi.

Dengan kehadiran Datu Seran Express ini, sarara transportasi laut antara Sumbawa dan Lombok, khususnya sarana transportasi cepat menjadi bertambah.Sebelumnya Kapal Nusa Tenggara atau KSB Express telah beroperasi, kapal ini umumnya mengankut penumpang karyawan tambang PT. Newmont Nusa Tenggara, pihak pengelolah kapal ini juga melayani penumpang umum dari Pelabuhan Benete menuju Kayangan.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.