Dikpora NTB Akan Akomodir Guru Honorer, Tetapi…

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga ( Dikpora ) akan mengakomodir seluruh guru honorer yang ada dikabupaten/ kota. Hal ini terkait dengan pengalihan kewenangan pengelolaan SLB, SMK , SMA sederajat ke Pemerintah Provinsi mulai Januari 2017 .

“ Akan tetapi tidak semuanya 9600 orang guru honorer yang diperkirakan terakomodir , pasalnya Pemprov NTB hanya akan menerima guru honorer sesuai dengan kebutuhan,”ujar H. Muhammad Suruji, Kepala Dinas Dikpora NTB, kepada KabarNTB Rabu (12/10/16) di Mataram .

Ia memastikan tidak terakomodirnya seluruh guru honorer tersebut lantaran dinilai akan tengganggu hak guru negeri untuk mendapatkan jam mengajar yang penuh.

“Kondisi ini akan berakibat guru negeri yang berjumlah sekitar kurang lebih 6000 orang tertunda sertifikasinya. Karena sejauh ini belum diketahui guru honorer di NTB sudah tercukupi atau tidak ,”tambahnya.

Ia menambahkan Pemerintah Provinsi tidak bisa lempar tangung jawab dengan menyerahkan urusan guru honorer ini ke pemerintah Kabupaten/Kota, sementara pengelolaan SLB, SMA sederajat pindah ke Provinsi tahun 2017 mendatang.

” Seluruh urusan SMA, SMK ini sudah jadi kewenangan Provinsi termasuk gaji pegawai dan guru. Saat ini  gaji guru honorer ini bersumber dari Uang komite sekolah .Uang komite Sekolah ini ada yang bersumber dari dana masyarakat dan ada juga yang bersumber dari APBD. Jika nanti mereka akan digaji menggunakan APBD maka akan di salurkan melalui sekolah, ” demikian terangnya.(K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.