Menhub RI : Pelabuhan Gili Mas Masa Depan NTB

KabarNTB, Mataram – Nusa Tenggara Barat tengah mempersiapkan pelabuhan baru yaitu Gili Mas yang diharapkan dapat menopang kemampuan pengangkutan barang dan penumpang di wilayah NTB.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Lembar yang ada saat ini dinilai tidak dapat menampung kapasitas barang dan fasilitas lainnya.

“Pelabuhan Gilimas adalah masa depan NTB. Kita apresiasi apa yang dilakukan Pak Gubernur. Yang juga kita pikirkan, kita lakukan pengembangan pelabuhan di NTB ini,” ujar Budi dalam kunjungan kerjanya di pulau Lombok, NTB, Minggu (30/10/2016).

Budi sangat antusias dan mendukung penuh upaya Pemprov NTB mengembangkan pelabuhan baru tersebut yang rencananya Pembangunan akan dimulai November 2016 mendatang.

Lebih lanjut Budi mengatakan, berdasarkan hasil studi, sebanyak 94% pergerakan logistik didominasi melalui jalur darat. Menghadapi hal tersebut, Menhub ingin adanya perubahan dengan mengalihkan pergerakan logistik menjadi melalui jalur laut yang dinilai lebih menghemat biaya.

Terhadap hal tersebut, Menteri Perhubungan ngin mendorong perubahan. Menhub ingin agar pergerakan logistik beralih dari jalan raya ke jalur laut agar lebih efektif. Sebab, pergerakan logistik melalui jalur darat dinilai lebih banyak mengeluarkan banyak biaya.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zainul Madji berharap hubungan pusat dan daerah tidak terputus terutama terkait dengan pengembangan konektivitas di NTB.

Madji mengatakan apa yang saat ini diprioritaskan oleh Kementerian Perhubungan terkait dengan kapasitas pelabuhan merupakan permasalahan lama yang masih terus dipecahkan oleh pemerintah daerah NTB.

“Apa yang Pak Menteri sampaikan tadi itulah yang cukup lama dikeluhkan oleh kita semua. Kemampuan untuk sandar kapal kapal cruise itu agak susah sehingga turis pakai sekoci kalau mau sampai Lembar,” ujar Madji saat menemani Menteri Budi melalukan kunjungan di Pelabuhan Lembar, Minggu (30/10/2016).

Madji menilai hal tersebut sangat tidak elok jika dilihat dari sisi keamanan dan kenyamanan penumpang kapal pesiar yang akan masuk ke Lombok.

Madji berharap dengan dikembangkannya pelabuhan Gili Mas, dapat menjadi solusi untuk pengembangan kualitas pariwisata NTB terutama untuk kapal pesiar asing yang bersandar.

“Pak Menteri berkenan hadir secara langsung, saya pikir ini satu sinyal yang sangat baik bagi kita semua dan semua perangkat perhubungan di NTB  harus termotivasi dengan ini untuk jadi good corporate governance dengan meningkatkan pelaksanaan tugas dengan lebih bertanggung jawab,” ujar Madji. (K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.