Pelayanan PDAM KSB Kembali Disorot

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kebutuhan akan sarana air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi setiap warga, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumbawa Barat selaku penyedia jasa layanan kebutuhan air bagi sebagian warga dikeluhkan pelayanannya selama ini.

Betapa tidak dalam kurun waktu beberapa bulan terkahir air PDAM KSB keruh dan berlumpur, belum lagi lambannya penanganan pipa bocor kembali menjadi sorotan warga yang mengaku sebagai pelanggan.

Salah seorang warga lingkungan Tiang Enam, Syamsul kepada media ini mengeluhkan adanya pipa PDAM yang bocor sudah beberapa minggu terakhir dan tanpa respon dari PDAM.

“Warga sudah melaporkan ke PDAM dan ke RT setempat tidak juga ada respon bahkan ketua RT yang juga kerjanya di PDAM juga sudah mengeluhkan adanya pipa bocor tetapi pihak PDAM tidak menggubriskan hal tersebut,” ketusnya.

Menurut Sul, sudah lima minggu kondisi Pipa yang berlokasi di RT. 02 RW. 08 Lingkungan Tiang Enam tersebut bocor tanpa pengananan, akibatnya pasokan air menjadi kurang dan hal ini dikeluhkan warga setempat.

Selain di Tiang Enam di Dusun Sermong Taliwang hal yang sama juga terjadi, Indra Kusuma pemuda setempat juga mengeluhkan adanya Pipa Bocor tanpa penanganan serius dari pihak PDAM.

“ Info yang saya dapat dari masyarakat, bahwa sudah berkali-kali PDAM dihubungi terkait hal ini,,namun tidak ada itikad baik mereka untuk menyikapi ini,”tudingnya.

Lebih jauh Indra menilai, PDAM KSB belum maksimal dalam konteks pelayanan terhadap pelanggan selama ini, ia meminta agar PDAM segera berbenah karena persoalan air merupakan kebutuhan mendasar bagi warga.

”Kami beri deadline waktu 7 hari kepada PDAM KSB agar segera lakukan pembenahan supaya pelanggan dan konsumen nyaman dalam hal pelayanan,j ika tidak kami akan meminta klarifikasi kepada Saudara Bambang (Dirut PDAM-red) didepan rakyat,” katanya.

Dibagian lain Indra juga lebih khusus meminta agar anggota DPRD KSB yang berada di Komisi III, agar segera mengusulkan ke Bupati agar Dirut PDAM diganti karena dinilai gagal dalam memberikan pelayanan terbaik, terlebih menurutnya PDAM selama ini banyak mendapatkan bantuan dana dan peralatan bahkan ada bantuan dari luar negeri.

“ Dirut PDAM sudah tidak memiliki terobosan baru dalam hal memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan,”ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah Dirut PDAM Bambang, S.T mengaku pihaknya secara serius terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan PDAM, terkait air keruh selama ini ia mengakui hal tersebut karena terjadinya masalah sedimentasi di sumber air, namun dalam beberapa hari ini menurutnya hal tersebut sudah bisa diatasi dan kondisi air kembali jernih.

“  Air saat ini sudah normal kembali karena memang ada masalah sedimentasi di sumber mata air, dan kami terus berupaya mengatasi masalah tersebut, kedepan kami optimis masalah air keruh tersebut tidak lagi terjadi,”ungkapnya.

Menyinggung masalah pipa bocor disejumlah tempat, ia mengaku belum mengetahui hal tersebut, dan pihaknya berjanji segera akan turun mengatasinya.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.