5 Warga KSB Ikuti Pelatihan Earthship Bersama Arsitek Dunia

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak lima warga Sumbawa Barat yang berada disekitar Pulau Kenawa , Kecamatan Poto Tano akan mengikuti pelatihan bangunan ramah lingkungan Earthship bersama 60 arsitek luar negeri lainnya, yang akan diajarkan oleh arsitek Amerika , Mike Reynauld.

Bupati Sumbawa Barat melalui Kabid Ekonomi Bappeda KSB, Mars Anugeraiwansyah,S.Hut,M.M  mengatakan, pelatihan Earthship ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara PT. ESL Sumbawa dan Pemkab Sumbawa Barat dalam pengembangan Pulau Kenawa.

“ Pihak ESL melalui PT. Gili Kenawa Resort selaku pengembang Pulau Kenawa mengadakan pelatihan ini sembari menunggu ijin IUPJL dari Gubernur terkait pengembangan Kenawa kedepan,”katanya.

Dikatakan Mars, rencana Pulau Kenawa kedepan akan dibangun Resort mewah oleh pengembang, ,meski demikian Pulau Kenawa tetap bisa diakses masyarakat umum untuk berwisata.

“ Bukan hanya Pulau Kenawa, Pulau lainnya pun terbuka untuk umum, meski akan dibangun fasilitas Resort,”tandasnya.

Pembangunan obyek vital di Pulau Kenawa ditegaskan kembali oleh Mars, saat ini masih menunggu IUPJL( Ijin Usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan) dari Gubernur, sembari menunggu itulah pihak PT. Gili Kenawa Resort, berinisiatif menggelar pelatihan Earthship.

Sebanyak 60 arsitek dari berbagai Negara seperti, USA, Canada, Australia, Spanyol, Italia, Prancis, Lebanon, Inggris, Swiss, India, Malaysia, Columbia, Qatar Jerman dan Saudi Arabia akan mengikuti pelatihan ini.

“ Mereka sebagian sudah di KSB sejak seminggu lalu, dan besok Senin (14/11/16) pelatihan ini akan dibuka Bupati KSB di Pulau Kenawa,”ungkapnya.

Para peserta dari berbagai Negara tersebut dijelaskan Mars, selama di KSB yang menurut rencana sesuai pelatihan akan berlangsung selama 2 bulan, mereka akan menginap di rumah-rumah penduduk yang disiapkan Pemerintah, hal ini sengaja dilakukan agar lebih dekat dengan masyarakat KSB.

“ Selain itu mereka nantinya juga akan kita perkenalkan sejumlah obyek dan potensi Pariwisata KSB,” pungkasnya.

Seperti disampaikan Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin,S.T sebelumnya, para peserta pelatihan ini juga akan dihadirkan dalam peringatan HUT Kab. Sumbawa Barat, 20 November 2016 mendatang.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.