Awal Desember Ada Lombok Marathon Sedunia

KabarNTB, Mataram – ┬áKONI NTB bersama Dunia Lari Indonesia akan menggelar Lombok Marathon 2016, di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 4 Desember mendatang.

Event atletik yang dikemas dalam konsep sport tourism ini, ditargetkan melibatkan 5.000 pelari dalam negeri dan mancanegara.

“Ini event pertama di Lombok, namun akan menjadi event berkelanjutan karena Lombok Marathon ini sudah disertifikasi oleh IAAF (The International Assosiation Atheletes Federation). Kita targetkan 5.000 peserta domestik dan mancanegara,” kata panitia penyelenggara, Frenk Malonda, dari Dunia Lari Indonesia, kepada wartawan, Jumat (4/11) di Mataram.

Menurut Frenk, Lombok Marathon akan dibagi menjadi empat kategori lomba yakni Full Marathon 42 K, Half Marathon 21 K, dan medium 10 K dan 5 K. Serta kategori tambahan Efiden Marathon 42 K, atau estafet marathon dengan empat orang peserta.

“Start akan dilakukan di Senggigi, Lombok Barat. Rute yang disiapkan melintasi wilayah Lombok Barat dan Kota Mataram. Dan peserta bisa menikmati keindahan pantai, persawahan, dan hutan Kenari di sepanjang lintasan,” kata Frenk.

Ia mengatakan, dari target 5.000 peserta, saat ini sudah terpenuhi sekitar 60 peserta dari domestik dan mancanegara yang mendaftar.

Lebih dari 300 pelari luar negeri yang sudah mendaftar antara lain dari Jerman, Amerika, Jepang, Italia, Thailand, dan Afrika Selatan.

“Kami optimis target 5 ribu peserta ini tercapai karena pendaftaran masih dibuka hingga akhir November nanti,”katanya.

Frenk menegaskan, Lombok Marathon akan lebih menarik dan menantang dibanding Bali Marathon. Hal ini juga akan membantu promosi pariwisata di Lombok.

Sementara itu, Ketua KONI NTB, Andi Hadiyanto mengatakan, event Lombok Marathon menawarkan kemasan yang berbeda karena dipadu dengan festival Perkusi pelajar.

“Ada lintasan sepanjang 2,5 km sebelum finish yang akan digunakan untuk festival perkusi pelajar di Mataram. Sehingga begitu peserta masuk (finish) bisa terhibur dengan musik dan pameran kuliner,”katanya.

Menurut Andi, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan peserta Lombok Marathon, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda NTB terkait pola pengamanan rute Marathon.

“Event ini bukan hanya bisa mempromosikan pariwisata NTB tapi juga sekaligus sebagai ajang mencari bakat atlit lari bagi KONI NTB,”katanya.(K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.