Gubernur Desak AMNT Segera Bangun Smelter di NTB

KabarNTB, Mataram –  Gubernur NTB TGH Zainul Majdi mendesak kepada Pemegang saham tambang PT. Amman Mineral Nusa Tenggara di Sumbawa Barat agar segera membangun Smelter di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pasalnya, pembangunan tersebut dinilai bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

“Bicara secara fair, semakin cepat dibangun maka semakin baik. Dan apapun yang terjadi, smelter tetap harus dibangun di NTB, “tandas Gubernur NTB, di Mataram (9/11)

Menurutnya, dengan dibangunnya smelter di wilayah NTB maka bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat. Dari sisi tenaga kerja, termasuk bahan baku.

Namun, ia menuturkan, pihaknya belum mengetahui sejauh mana kemampuan  ANNT dalam membangun smelter di NTB. Pasalnya, pembangunan smelter membutuhkan investasi yang besar mencapai triliunan.

Ia mengatakan jangan sampai biaya pembangunan smelter yang besar. Namun, tidak ditunjang dengan produksinya yang besar.

“Ya kita belum sampai melihat hal itu,” ungkapnya.

Gubernur menambahkan, AMNT tidak akan diberi kompensasi apapun untuk ekspor, selama tidak ada kemajuan dari pembangunan smelternya.

“Kalau tidak bisa memenuhi kita tidak bisa memberikan begitu saja,” papar Gubernur

Sebelumnya diketahui PT Newmont  Nusa Tenggara hingga saat ini belum memiliki smelter. Padahal Newmont sudah melakukan nota kesepahaman akan membangun smelter bersama PT Freeport Indonesia yang kesepakatannya sudah berakhir pada September 2015 lalu.

Meskipun sudah membuat kesepakatan baru dengan PT Freeport, hingga saat ini kesepatan itu tidak ada hingga sekarang dan berpindah tangan Ke AMNT.(K-Y)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.