Menilik Kelas Khusus SMK Kusuma Mataram

KabarNTB, Mataram – Sekolah SMA Katolik Kesuma Mataram memiliki program unggulan yang sudah dijalankan mulai dari 2016 lalu yang sangat diandalkan di bidang akademis yaitu Kelas Unggulan atau klas Khusus ,Kelas khusus merupakan hasil seleksi sejumlah siswa yang berprestasi.

Wakil Kepala Sekolah bidang Akademis Urbanus Bate mengatakan program klas khusus ini merupakan fasilitas yang khusus untuk anak anak yang berprestasi yanng sudah melalui seleksi yang ketat,dan para peserta kals unggulan ini nantinya akan di persiapkan untuk mengikuti berbagi macam ajang lomba dibidang akademis.

“ Kami mulai membuka kelas khusus  sejak 2016 lalu,dan tidak menyangka para siswa-Siswi SMK lima antusias untuk mengikuti klas Unggulan tersebut,tapi tak semuanya bisa kita tampung karena jatah dari klas Khusus hanya maksimal 25  orang,jadi harus melalui seleksi yang ketat,” ujar Urbanus. Senin (28/11).

Ia jga mengatakan program klas khusus ini juga bekerjasama dengan para dosen Paska Sarjana FKIP  Universitas Mataram untuk memberikan pelajaran tambahan seperti Matematika,bahasa inggris,ips, dan ipa,kerja sama tersebut di Namakan Memoarandum of aggriment (MOA)

“Kita kerja sama dengan dosen paska Sarjana FKIP Unram,dan nantinyta untuk pembelajarannya bisa seminggu itu dua kali,dengan jam yang sudah di tentukan oleh pihak sekolah,dari jam 2 hingga jam 4 sore,” jelasnya

Tujuan dibentuknya kelas Khusus ini guna menghasilkan dan membentuk Generasai SMK kusuma yang cerdas serta berkopeten dibidang akademis yang nantinya mampu menyabet gelar atau juara didalam lomba akademis di tingkat provinsi,Nasional Hingga Internasional.

“Ya yang pastinya dengan adanya kelas khusus ini bukan berarti mengkotak kotakkan mana yang pitar dan mana yang tidak,namun di bentuknya klas Khusus ini untuk menyeleksi Para siswa-siswi SMK kusuma yang nantinya bisa mengikuti lomba dibidang akademis dengan persaingan yang ketat,jadi kalau mau masuk kals Khusus harus belajar yang rajin dan giat,” terang Urbanus

Dari segi biaya klas Khusus  SMK kusuma masih mengambil dari uang SPP para peserta kelas Khusus,pasalnya saat ini belum ada biaya yang signifikan yang di keluarkan.

“Ya kalau saat ini biaya masih dari SPP lah,namaun kalau memang nantinyanya ada biaya tambahan ya pasti akan komunikasikan lagi,” katanya

Ia katakan pula sistem biaya SPP SMK Kusuma dengan Sistem Subsidi Silang yang nantinyta para siswa atau siswi yang menengah ke atas Akan dibebankan biaya lebih sehingga  bisa membatu para Siswa siswi yant tidak Mapu.

“ Ya kita paki subsidi silang,dimana nanti yang mampu membantu yang tidak mampu,” ucap Urbanus

Ditambahkan Urbanus visi misi SMK Kusuma itu Adalah Cerdas Disiplin,Berkarekter,serta berlandaskan Hasil.setidaknya dengan siswa siswinya cerdas maka secara lansung akan membentuk karekter para Muridnya.

Sekolah yang berusia 51 tahun serta jargoan ini  seperti yang kita ketahui sudah banyak menyebet piala dibidang Akademis hingga Non Akademis di antaranya juara 1 Basket,Futsal,Puisi,Gendang Belek,hingga lomba debat Bahasa inggris Se – NTB.(K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.