Semarak HUT KSB 13, Pataka KSB Di Kirab Masyarakat Adat

KabarNTB, Sumbawa Barat – Peringatan puncak perayaan Hari lahir Kabupaten Sumbawa Barat ke-13, 20 November 2016 berlangsung khidmat di Depan Graha Fitrah kantor Bupati Sumbawa Barat.

Sejumlah tamu daerah mengikuti Apel Harlah KSB diantaranya Menteri Tenaga Kerja RI , Muhammad Hanif  Dhakiri, Wakil Gubernur NTB, H, Muhammad Amin, sejumlah Kepala Daerah Se NTB, pimpinan Perusahaan serta peserta Traning Earthship dari 43 negara.

Peringatan Harlah KSB ditandai dengan kirab Pataka Kabupaten Sumbawa Barat yang diiringi masyarakat adat Sumbawa dan masyarakat adat etnis yang hidup di KSB diantaranya, Suku Mbojo, Sasak, Jawa, Sulawesi dan Bali.

“ Mereka terdiri dari umat Islam, Hindu, Kristen, yang hidup rukun dan harmonis, dalam naungan Bhinneka Tunggal Ika. Kerukunan dan keharmonisan masyarakat Sumbawa Barat telah terwujud dan terbina selama ini, sehingga menjadi Kabupaten Zero Horizontal Conflict,” ujar Bupati KSB, Dr. Ir.H.W Musyafirin, M.M di awal sambutanya pada Apel peringatan Harlah KSB 13.

Masih diawal sambutannya, Bupati menegaskan, dalam perjalanan 10 tahun pertama, pemerintah telah berhasil meletakkan fondasi bagi terbentuknya KSB, sebagai daerah otonom baru, dan menghasilkan beberapa prestasi di level regional, nasional, bahkan internasional. Untuk itu, dengan rasa syukur kepada Allah dan ketulusan hati nurani yang paling dalam, saya atas nama warga Sumbawa Barat menghaturkan terima kasih kepada Yang Tercinta: Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH, MM dan Drs. H. Mala Rahman.

“ Pada titik berikutnya, Saya beserta Wakil Bupati dengan penuh rasa syukur kepada Allah mengucapkan terima kasih kepada warga KSB yang telah mempercayai kami berdua untuk mengemban amanat kepemimpinan. Kami telah dan insya allah akan terus berupaya untuk melaksanakan janji kami untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera berlandaskan gotong-royong.” Sambungnya.

Selain menyampaikan sambutannya, pada perayaan Harlah KSB kali ini Bupati juga menandatangani sejumlah kesepakatan kerjasama dengan pihak ketiga dalam melaksanakan pelayanan dan program pembangunan Sumbawa Barat kedepan, diantaranya kerjasama dengan BPJS untuk program Jaminan Kesehatan Semesta, kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan RI, tentang Pemberian Beasiswa S2 dan S3 bagi Warga Sumbawa Barat.

Harlah KSB 13 ini juga diisi dengan Launching Kartu Pariri, dan Kartu Bariri untuk nelayan, petani dan pelaku usaha UMKM.Untuk menyalurkan bantuan dana tersebut Pemerintah KSB menandatangani kesepakatan kerjasama dengan dengan sejumlah Bank BUMN sepeti Bank Mandiri Syariah, BRI dan Bank NTB serta PT. Pos Indonesia.

Bupati dalam Harlah kal ini juga mencanangkan Desa Seloto, Kecamatan Taliwang, sebagai Desa Merica dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia Provinsi NTB yang dilaksanakan di KSB dan penetapan Kecamatan Brang Ene sebagai Kecamatan Pramuka.  (K-1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.