IGB Sumbawanto, Dari Urus Petani Ke Pariwisata

“Kita akan coba sandingkan Barapan Kebo dan Balapan Handtraktor Kubota agar Lebih Menarik” IGB Sumbawanto

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sejumlah pejabat dilingkup Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat, hari ini Selasa (3/1/17), mengalami pergeseran jabatan sekaligus dilantik oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr.H.W Musyafirin,M.M.

Pelantikan pejabat KSB kali ini tentu menjadi perhatian, maklum saja penyesuaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru ditambah keputusan Bupati menempatkan personil yang tepat sangat diharapkan.Siapa saja yang mengisi jabatan strategis pun jelas dinanti publik.

Alhasil semua terjawab siang tadi di Gedung Setda KSB Lantai III, kala Bupati mengumumkan sebanyak 607 pejabat mulai dari eselon IV.b hingga eselon II.a.

Dari sekian nama pejabat yang dilantik dan mengalami pergeseran jabatan yang menjadi perhatian diantaranya adalah Ir. I Gusti Bagus Sumbawanto, M.Si, betapa tidak Sumbawanto yang sebelumnya mengisi jabatan Kepala Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian, yang selama ini bergelut dengan dunia pertanian KSB, beralih jabatan sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sumbawanto menggantikan posisi H. Taufiqurrahman,S.Ip yang kini mengisi jabatan sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, sedangkan posisi yang ditinggalkan Sumbawanto sendiri dalam mutasi kali ini lowong.

Lalu seperti apa tanggapan Sumbawanto terkait jabatan barunya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, ditengah harapan bangkitnya sektor Pariwisata KSB kedepan dalam menopang perekonomian masyarakat, kepada Media KabarNTB seusai pelantikan siang tadi, ia mengaku tidak terlalu kaget dengan amanah baru yang diembankan kepadanya.

Menurutnya dunia Pariwisata sebenarnya tidak terlalu asing, karena sebelumnya pernah memiliki Travel Agen perjalanan wisata.

“ Tapi untuk berbicara Pariwisata KSB lebih jauh saya belum bisa berkomentar banyak, pertama saya akan pelajari  terlebih dahulu sembari menggali informasi dari Kepala Dinas sebelumnya terkait apa saja yang sudah dan belum dilakukan,”katanya.

Namun untuk membangun Pariwisata KSB kedepan, Sumbawanto mengaku akan banyak belajar terutama dari teman-temannya yang berada di Lombok dan Bali, menurutnya apa saja Icon wisata yang ada di KSB akan coba digali, kemudian menjalin hubungan kerjasama dengan travel paket wisata yang ada di Lombok dan Bali.

Selain itu, yang menarik perhatian Sumbawanto yakni tentang Barapan Kebo dimana menurutnya akan mencoba menyandingkan Barapan Kebo dengan balapan handtraktor Kubota agar lebih menarik.

“Barapan kebo misalnya, bisa gak disandingkan dengan balapan Kubota, sebab tadi saya hubungi pemilik Kubota, ini bisa jadi menarik nantinya,”ungkapnya.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.