Puluhan Pemuda Demo Gugat PT. AMNT, Minta Perusahaan Tutup

KabarNTB, Sumbawa Barat – Puluhan pemuda Sumbawa Barat yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Menggugat (Gerak Gugat), menggelar aksi demonstrasi dan mengajak rakyat mendukung gerakan menggugat PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Aksi yang dimotori Fauzam Azima selaku Koordinator Umum, berlangsung pagi tadi, Rabu (18/1/17) sejak pukul  08.00 Wita yang terpusat di Pintu masuk Benete atau areal tambang PT. AMNT.Mereka menuntut agar operator tambang Batu Hijau pengganti PT. Newmont Nusa Tenggara tersebut, menutup dan memberhentikan sementara aktifitasnya sampai beberapa hal dapat dituntaskan, diantaranya , membuka ke public terkait proses negosiasi penjualan saham PT. NNT ke PT. AMNT, hal ini dinilai tidak transparan.

Kemudian berikutnya, meminta komitmen PT. AMNT tentang  nasib tenaga kerja dan pemberdayaan tenaga kerja local serta waiting list atau daftar tunggu yang melamar di PT. NNT sebelumnya, kemudian kelompok pemuda ini juga meminta transparansi dalam pengelolaan CSR, serta komitmen pemberdayaan masyarakat local.

amnt1Selain itu,  PT . AMNT dinilai belum transparan terhadap rakyat dan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat terkait isu penjualan kembali saham PT. AMNT kepada konsorsium Asing China, padahal PT. AMNT sendiri dianggap baru dan belum berkiprah sedikitpun di Sumbawa Barat.Sementara Invoice sejumlah perusahaan Sub kontraktor yang menjadi mitra selama ini belum dilunasi.

Terakhir massa ini menuntut agar putra local Sumbawa Barat ditempatkan dalam posisi strategis dalam managemen guna dilibatkan dalam penentuan kebijakan perusahaan, serta PT. AMNT diwajibkan segera membangun smelter di Sumbawa Barat sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

“ Aksi kami mulai jam 08.00 Wita dan berakhir pukul 14.00 Wita, tadi kami sempat ditemui H.Jarot dan Kasan,”tandas Fauzan, kepada KabarNTB, Rabu (18/1/17).

Sementara itu, menyikapi berbagai persoalan dan sorotan terhadap PT. AMNT selama ini, General Supervisor Department Komunikasi PT. AMNT, H. Ruslan Ahmad sebelumnya menegaskan, setelah proses perubahan pemegang saham perusahaan selesai November lalu, saat ini perusahaan sedang melakukan penyesuaiaan diberbagai aspek yang diperlukan.

“ Kami berharap operasi AMNT akan dapat berjalan berkelanjutan untuk memberikan manfaat yang sebesarnya bagi seluruh pemangku kepentingan AMNT,”pungkasnya.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.