Lombok Targetkan 28 Kapal Pesiar Nyandar Tahun Ini

KabarNTB, Lombok Barat – Dengan bersandarnya Kapal Pesiar di Pelabuhan Lembar Selasa Kemarin, Lombok , Nusa Tenggara Barat (NTB), masih menjadi tujuan favorit kunjungan kapal pesiar menurut PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.

General Manajer (GM) Pelindo III Baharudin mengatakan, dari Januari hingga Desember  2016, 14 kapal pesiar telah masuk melalui Pelabuhan Lembar NTB dengan membawa sekitar 20 ribu turis mancanegara.

“Pelindo III terus melakukan pengembangan pelabuhan berbasis wisata khususnya pada pelabuhan yang menjadi favorit kunjungan kapal pesiar, karena hal tersebut merupakan komitmen dalam mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia,” katanya

Dan untuk kapal pesiar pada awal 2017 ini dari Januari hinga Febuari ini Kapal pesiar yang sudah singgah 3 Kapal dengan Kapasitas Penumpang 2000.

“Target kita sih 2017  ini 28 kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan lembar ini,” Cetus Baharudin

Ia melanjutkan, Pelindo III akan tetus  melakukan pengembangan terminal cruise di Lombok, NTB.

“Operator terminal Pelindo III telah saat ini sedang melakukan pembangunan pelabuhan bagi kapal pesiar baru di Gili Mas,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Pembangunan sudah mulai dilakukan dan perijinan telah dipenuhi, tahapan pembangunannya sudah mendapatkan terbitnya Rencana Induk Pelabuhan (RIP) dari Kementrian Perhubungan.

Kunjungan kapal pesiar di lingkungan kerja Pelindo III, hingga paruh 2016, lanjutnya, tercatat sebanyak 46 unit kapal pesiar dengan berat mencapat 2.721.597 Gross Tonnage (GT) yang membawa penumpang sekitar 55.586 turis manca negara.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 121 Tahun 2015 tentang Pemberian Kemudahan Bagi Wisatawan dengan Menggunakan Kapal Pesiar (cruise ship) Berbendera Asing yakni kapal pesiar berbendera asing dapat mengangkut wisatawan di pelabuhan dalam negeri untuk berwisata.(K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.