Presean Berhadiah “ Istri Muda” Picu Protes

KabarNTB, Mataram – Hadiah “ Istri Muda” bagi para penonton yang tertulis di Baliho dalam kegiatan Presean di Dangiang, Kabupaten Lombok Utara,memicu protes, dari komponen masyarakat setempat.

Protes itu datang dari Forum Pemerhati Asat Sasak (FPAS) Kepada Panitia Penyelenggara,Lantaran Baliho tersebut di anggap melecehkan harkat dan martabat Perempuan.

“Kami sangat sangat memperotes tegas atas Baliho itu,”Ujar Kordinator FPAS Mahmudah Kalla saat menemui Ketua Masyarakat Adat Sasak MujhiTahid Jumaat (10/2).

Spanduk kontroversial bertuliskan “Nonton Presean Langsung Dapat Istri Muda” itu dipasang oleh panitia kegiatan Presean di Dangiang. Kalimat ini memang sangat menarik perhatian karena kontroversial.

“Itu memang harus kita tindak tegas,sampai kita datang ke Pak Mujhi untuk meminta dukungan,”Ujarnya

Kalimat promosi yang mengimingi “Istri Muda” bagi penonton presean ini juga membuat banyak orang geram. Kemarahan ini cukup beralasan karena menempatkan martabat seorang wanita tak ubahnya dengan barang yang bisa dijadikan hadiah.

“Dan alhamdulillah kita mendapat dukungan dari MAS,dan nantinya kita akan bertemu secara lansung denga  panitia,”ujarnya.

Mahmuda menyesalkan hal ini karena menurutnya masih banyak metode promosi lain yang lebih bermartabat tanpa merendahkan perempuan.

“Jangan kasih ruang sedikitpun bagi siapa saja yang tidak menghargai perempuan. Tidak mengherankan kalau angka kekerasan terhadap Perempuan di NTB tinggi. Masih banyak kelakuan tidak beradab yang menganggapnya hanya guyonan,” Cetusnya.

Sementara itu ketua MAS MujhiTahid sangat menyayangkan  kejadian tersebut. Menyikapi persoalan ini, ia berencana akan memanggil Pihak panitia untuk meminta klarifikasi.

“Kami akan memanggil pihak panitia untuk klarifikasi,sebelum sampai kejalur hukum,”katanya

Ia juga sangat menyayangkan atas tulisan baliho tersebut lantaran baginya juga tidak pantas menuliskan bahasa tersebut.

“Budaya larinya merendahkan kaum wanita,jadi kita minta untuk jangan terulang lagi,”pungkasnya.(K-Y)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.