Pencairan Dana Desa Tinggal Tunggu APBDes Rampung

KabarNTB, Sumbawa Barat – Seluruh desa di Sumbawa Barat sudah menyerahkan laporan realisasi dana desa ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

“Semua desa sudah menyerahkan laporan realisasi dana desa. Evaluasi juga sudah selesai,” ujar Kepala DPMD, Sumbawa Barat, Drs Mulyadi, kepada KabarNTB, Senin, 13 Maret 2017.

 

Desa Kita by Nooreva

Mulyadi juga menyatakan optimis proses realisasi (pencairan) dana desa (DD) dari APBN tidak akan terkendala. Saat ini Pemda Sumbawa Barat, katanya, sedang melaksanakan asistensi dan evaluasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang diharapkan bisa selesai dalam bulan maret ini.

“Begitu APBDes tuntas, maka dana desa bisa langsung direalisasikan,” imbuhnya.

Ia mengakui, sejauh ini masih ada desa yang belum melaksanakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LPKJ) tahun 2016. Tetapi kondisi itu, katanya, tidak berpengaruh kepada proses pencairan dana desa.

“LKPJ Itu disampaikan oleh Kepala Desa kepada BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan selanjutakan BPD menyerahkan kepada Pemerintah Daerah. Sementara yang menjadi syarat pencairan dana desa adalah laporan realisasi penggunaan dana desa. Yang sempat kita tunggu kemarin adalah laporan tahap dua dan itu sudah diserahkan oleh semua desa,” urainya.

Mulyadi berharap agar proses asistensi dan evaluasi APBDes yang saat ini sedang berlagsung bisa segera tuntas, sehingga proses pencairan dana desa bisa segera dilaksanakan agar kegiatan pembangunan di desa bisa segera berjalan.

“Kalau APBDes tuntas, tidak ada lagi yang menjadi kendala untuk realisasi pencairan dana desa,” katanya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.