Sat Pol PP Gagas UPTD Disetiap Kecamatan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sumbawa Barat, menggagas pembengukan Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Sat Pol PP disetiap kecamatan.

Gagasan itu, kata Agus ‘King’ Hadnan, Sekretaris Dinas Sat Pol PP Sumbawa Barat, merupakan tindaklanjut dari terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 tentang pembentukan UPTD, dimana salah satu UPTD yang dibentuk adalah UPTD Sat Pol PP.

Menurut Agus King, pembentukan UPTD ini sangat penting untuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) disetiap wilayah tidak bisa diprediksi, sehingga upaya pencegahan dan penanganan harus bisa dipastikan terlaksana dengan baik.

Sat Pol PP KSB, sebelumnya telah melakukan inovasi dengan penempatan dua orang personil Pabintrantibum (Calon Praja Pembina Ketentraman dan Ketertiban Umum) disetiap kecamatan. Inovasi tersebut disambut sangat baik oleh masyarakat.

“(Keberadaan UPTD) sangat penting. Itu bisa dilihat dari penempatan personil Pabintrantibum yang disambut baik masyarakat. Mereka harus selalu berada ditengah masyarakat dan melaporkan semua kejadian di wilayah mereka ditugaskan. Karena intinya ini pendekatan pelayanan,” urai Agus King.

Rencana pembentukan UPTD disetiap kecamatan itu, sambungnya, sedang digodok dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup). Nantinya disetiap UPTD akan ditempatkan satu regu (9 orang) Sat Pol PP.

“Sebelumnya memang pernah kita usulkan tetapi belum bisa direalisasikan karena kekurangan personil yang ada. Untuk sekarang, rancangan Perbupnya sedang kita buat,” demikian Agus King.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.