Gubernur Janji Siapkan Regulasi dan Anggaran Pendukung Program MCA

KabarNTB, Mataram – Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi, MA mendapat kehormatan menjadi salah satu panelis dalam kegiatan seminar yang digelar oleh MCA-Indonesia di Jakarta, Kamis (27/4) kemarin.

Lembaga yang konsen melaksanakan program Hibah Compact dari Millennium Challenge Corporation (MCC) untuk mendukung kemiratraan stategis pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia ini, kemarin, menggelar seminar dengan tema “mengawal keberlanjutan investasi Compact.

Gubernur dalam seminar tersebut, diundang khusus untuk memberikan testimoni karena NTB dinilai sebagai salah satu provinsi yang sukses mengimplementasikan 3 program Hibah MCA Indonesia sejak tahun 2014 lalu .

Dalam pemaparannya, gubernur menyatakan, program hibah MCA Indonesia merupakan salah satu program kemitraan antar negara yang berhasi di daerah. Sebab kegiatannya sesuai dengan sejumlah program prioritas pembangunan pemerintah yang meliputi Kesehatan, Lingkungan dan pelayanan Publik serta Reformasi Birokrasi. Pelaksanaannya pun dilakukan dengan melibatkan seluruh stake holder di daerah sehingga setiap kegiatannya tepat sasaran.

“Bagi daerah kami yang terpenting adalah memastikan bahwa seluruh program tersebut memenuhi kriteria percepatan, inovasi dan nilai tambah dalam mewujudkan rencana pembangunan di daerah” katanya.

Dengan keberhasilan yang telah ditunjukkan itu, gubernur menilai, program kemitraan antar negara itu layak untuk terus dilanjutkan. Sebab manfaatnya bagi daerah dan masyarakat secara umum sangat banyak.

“Pada konteks yang lebih luas keberlanjutan program ini akan terus mengakselerasi, membuka ruang inovasi dan memberi nilai tambah bagi daerah” kata gubernur.

Khusus bagi NTB, gubernur menatakan akan memberikan daya dukung penuh jika program tersebut dapat berlanjut. Ia bahkan menjanjikan akan menyiapkan sejumlah regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub) serta alokasi anggaran yang memadai untuk mendukung setiap program yang akan dilaksanakan MCA Indonesia di daerah.

“Semua kewajiban yang menjadi tugas kami untuk melancarkan setiap program akan kami siapkan,” janjinya.

Acara seminar itu dihadiri oleh ratusan peserta terdiri dari penggiat LSM, kalangan perguruan tinggi, pejabat Kementerian dan Lembaga. Acara itu sendiri dibuka oleh Menteri Perencanaan Nasional / Kepala Bappenas Prof DR. Bambang Sumantri Brodjonegoro dan sambutan oleh Dubes Amerika untuk Indonesia .Joseph R Donovan.(Yus)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.