Hebat, SD Brang Rea dan SMAN 1 Alas Wakili Sumbawa di LSS Tingkat Nasional

KabarNTB, Sumbawa – Tim penilai kegiatan lomba sekolah sehat (LSS) tingkat nasional, Kamis (27/4) kemarin, menyambangi dua sekolah di Kabupaten Sumbawa. Kedatangan tim tersebut untuk melakukan penilaian di SDN Brang Rea, kecamatan Moyo Hulu dan SMA Negeri 1 Alas, kecamatan Alas yang menjadi wakil NTB dalam ajang lomba tersebut.

Tim penilai lomba yang dipimpin dr. Cristiana Manurung, M.Kn itu disambut langsung Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah di SDN Brang Rea. Wabup dalam sambutannya mengatakan, dalam mewujudkan sebuah sekolah sehat merupakan tanggung jawab bersama antara peserta didik, guru, masyarakat dan pemerintah. Maka, perlu adanya penyamaan persepsi dalam rangka memantapkan kegiatan UKSM di masa mendatang.

Ketua tim penilai Lomba Sekolah Sehat, dr. Cristiana Manurung, M.Kn saat berinteraksi dengan siswa SDN Brang Rea

Menurut Wabup, Pemda Sumbawa mendukung penuh program Lomba Sekolah Sehat ini. Sebab dapat meningkatkan kesehatan peserta didik dan menciptakan suasana sehat. Demikian juga UKSM adalah wahana yang dapat meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga mental dan lingkungan. “Kegiatan UKSM ini sangat bagus karena dewasa ini pengaruh buruk banyak mengancam peserta didik, misalnya narkoba dan dan kebiasaan merokok,” cetusnya.

Kepala SDN Brang Rea Muhammad SPd, Msi keada tim penilai menjelaskan beberapa program ungggulan yang selama ini telah dilaksankan di sekolahnya. Seperti program sikat gigi dan potong kuku massal yang wajib diikuti para siswa pada setiap hari Sabtu, minum satu sendok madu setiap hari Senin, gerakan gemar minum air putih setiap hari, dan pemberian garam beryodium pada siswa.

“Untuk air yang diminum siswwa merupakan produk langsung sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dr. Cristiana Manurung, M.Kn dalam sambutan mengharapkan, agar sekolah tetap menjaga kebersihan sebagaimana komitmen awalnya. Demikian juga dengan UKSM yang telah memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesadaran kesehatan penduduk. Dengan menjaga kesehatan sejak dini, termasuk semua pihak dapat saling bekerja sama dan tolong menolong terhadap pengembangan UKSM.

Dengan adanya lomba sekolah sehat ini, diharapkan dapat menambah motivasi untuk bisa berkembang dalam bidang kesehatan”, harap Cristiana. (JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.