Kolaborasi KORAL Semarakkan Bulan Bakti BKIPM NTB 2017

KabarNTB, Mataram – Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) kelas II Mataram berkolaborasi dengan keluarga besar korps alumni AUP/STP (KORAL) Korwil NTB menggelar semarak bulan bakti karantina dan mutu hasil prikanan pada hari minggu 30 april 2017.

Kepala BKIPM Mataram, Muhlin, mengatakan, Kegiatan yang dipusatkan di Taman Mayura kota Mataram tersebut juga untuk mengkampanyekan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan dengan tema besar “GEMASATUKATA” (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina) mewujudkan Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan, sejalan dengan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yaitu mewujudkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional.

“Inti dari penyelenggaran bulan bakti karantina dan mutu hasil perikanan ini adalah bagaimana pemerintah melalui karantina dapat hadir di tengah-tengah masyarakat, mendengarkan aspirasi masyarakat serta memberi solusi terbaik sesuai harapan masyarakat, agar dapat bersama-sama membangun kelautan dan perikanan demi kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan,“ kata Muhlin.

Visi KKP, kata dia, diterjemahkan kedalam misi tiga pilar utama yaitu kedaulatan, keberlanjutan serta kesejahteraan. Kedaulatan diartikan sebagai kemandirian dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya kelautan dan perikanan.

Kemudian keberlanjutan, dimaksudkan untuk mengelola dan melindungi sumberdaya kelautan dan perikanan dengan prinsip ramah lingkungan, serta kesejahteraan, diartikan bahwa pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan adalah untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sementara Ketua KORAL AUP/STP Korwil NTB Sabaryono, sangat mengapresiasi kegiatan bulan bakti karantina dan mutu hasil perikanan yang diadakan oleh BKIPM Mataram, serta sangat berterima kasih karena telah diajak berkolaborasi dalam satu kegiatan family gathering.

“KORAL AUP/STP Korwil NTB, siap mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BKIPM Mataram dalam upaya mensukseskan bulan bakti karantina dan mutu hasil perikanan,” katanya.

Kegiatan itu diisi dengan family gathering keluarga besar BKIPM Mataram dan keluarga besar KORAL AUP/STP Korwil NTB, edukasi kepada anak-anak tentang ikan sehat dan bermutu, pengenalan jenis-jenis biota laut (termasuk biota laut yang dilindungi), lomba mewarnai, serta berbagai aneka lomba yang makin memperkuat kekompakan dan keakraban diantara dua keluarga besar tersebut.

Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan, berlangsung selama satu bulan penuh, dimulai pada tanggal 20 April sampai 19 Mei 2017.juga diisi dengan kegiatan pemeriksaan formalin gratis untuk produk perikanan dan aksi donor darah “blood for life” serta kegaitan apresiasi dasar-dasar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). (Yus)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.