Kontraktor Pelaksana Mega Proyek Bintang Bano Dideadline Tujuh Hari Penuhi Hak Pekerja

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumbawa Barat (KSB) memberi deadline selama tujuh hari kerja sampai minggu depan kepada tiga perusahaan pelaksana mega proyek Bendungan Bintang Bano di Desa Bangkat Monteh Kecamatan Brang Rea untuk memenuhi kewajibannya terhadap para pekerja.

Tiga perusahaan dimaksud adalah PT Berantas Abipraya (BA), PT Bahagia Bangun Nusa (PBN) dan PT Hutama Karya (HK).

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan (Hiwas) Disnaker KSB, Zainuddin mengatakan sampai saat ini masih ada sejumlah point menyangkut kesejahteraan dan keselamatan pekerja yang belum dipenuhi oleh perusahaan pelaksana proyek Bendungan Bintang Bano.

Point itu sebut Zainuddin, adalah status pekerja dimana masih ada pekerja yang berstatus sebagai pekerja lepas, BPJS kesehatan, upah yang masih dibawah UMK, juga menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk keselamatan para pekerja.

“Poin – poin ini masuk dalam point tututan masyarakat yang melakukan aksi demo terhadap pelaksana proyek dalam satu minggu terakhir, disamping isu CSR dan pemberdayaan masyarakat lokal. Ini wajib dipenuhi,” tegas Zainuddin.

Zainuddin mengakui sebagian besar tenaga kerja di proyek bintang bano merupakan tenaga lepas (harian). Namun demikian jika sudah bekerja lebih dari tiga bulan, maka perusahaan wajib merubah statusnya menjadi tenaga kontrak.

Demikian pula menyangkut BPJS kesehatan dan APD. Diakuinya masih ada pekerja yang belum tercover BPJS dan APD yang digunakan saat bekerja masih kurang.

“Terkait upah, meski berstatus tenaga harian upahnya juga harus sesuai UMK. Kalau harian dihitung saja nilai upah harian itu dikalikan satu bulan agar sesuai UMK. Selanjutnya kalau sudah bekerja lebih dari tiga bulan wajib statusnya diubah menjadi tenaga kontrak,” imbuhnya.

Saat ini juga pekerja di mega proyek bendungan bintang bano mencapai 500 orang lebih. Dari jumlah tersebut, kata Zainuddin, lebih dari 75 persen merupakan tenaga lokal.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.