ASN Harus Menjadi Tauladan dalam Penciptaan Kerukunan

KabarNTB, Lombok Tengah – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Amin, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan  para pemimpin masyarakat  untuk terus meningkatkan  dedikasi dalam pelaksanaan pembangunan daerah bagi kesejahteraan seluruh rakyat.

Ia juga meminta ASN di Provinsi dan di Kabupaten//kota agar menunjukkan keteladanan dalam menciptakan kerukunan Masyarakat.

Hal itu disampaikan Wagub dalam acara buka puasa bersama dan sholat  taraweh di Kopang Lombok Tengah  dalam kegiatan safari Ramadhan Pemprov NTB di   kabupaten/kota se-NTB, Sabtu, 10 Juni 2017.

Wagub yang hadir didampingi istri, Hj  Syamsiah dan sejumlah Kepala OPD Provinsi  NTB, menegaskan bahwa bulan Suci ini merupakan momen   yang tepat untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, seraya terus memperkuat toleransi antar warga.

Orang nomor dua di NTB itu mengajak seluruh masyarakat untuk menghindari konflik yang di sebabkan  perbedaan keyakinan, pandangan politik, Ras  dan  perbedaan lainnya.

“Inilah kesyukuran kita  di Indonesia yang berasaskan Pancasila, dimana semua Agama bisa menjalankan aktivitas keagamaanya sesuai dengan Undang-undang,” tegasnya.

Ia menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan kesucian bulan Ramadhan di tempat masing-masing. Diingatkannya kepada instansi terkait untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat agar tetap terjamin.

Ia  berharap  Safari Ramadhan yang di hadiri Pimpinan SKPD tersebut, dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan Koordinasi  antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten kota, khususnya Kabupaten Lombok Tengah, sehingga  bisa terjadi sinkronisasi pelaksanaan pembangunan di daerah ini, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub mengingatkan bahwa  sektor pertanian dan sektor pariwisata yang menjadi andalan Kabupaten  Lombok Tengah, hendaknya mendapatkan perhatian yang serius untuk digarap.

“Sektor Pertanian telah menyumbangkan 27 Persen PDRB. Artinya sektor pertanian telah menyerap tenaga kerja terbesar atau 42 persen, sehingga kita tidak mungkin berpaling dari sector pertanian,” paparnya.

Demikian juga pada sektor pariwisata yang tumbuh 20 persen dan  mandalika adalah salah satu kawasan strategis pengembangan pariwisata nasional.

Pembangunan kawasan ini, kata Wagub, harus dikawal bersama. Terlebih  saat ini telah berhasil diselesaikan sengketa sebagian lahan dikawasan itu, melalui  pola pemberian dana atau  uang kerohiman kepada masyarakat penggarap tanah negara di sejumlah titik lokasi dikawasan Mandalika.

“Tugas kita selanjutnya adalah memastikan pembangunannya dapat di laksanakan dengan baik, sehingga dapat memberikan multi player efek secara ekonomi, membuka peluang kerja dan mengurangi pengangguran,” tegasnya

Ditempat yang sama, Bupati  Lombok Tengah, HM. Suhaili FT. mengatakan Safari Ramadahan ini merupakan Puncak dari rangkaian safari ramadhan yang   sebelumnya digelar di kecamatan-kecamatan di Lombok Tengah. Saat itu, pihaknya juga menghadirkan Kepala SKPD Lingkup Kabupaten Lombok Tengah dan pejabat dari  seluruh  desa di kecamatan Kopang, Koaramil, Polsek, Babinsa dan unsur-unsur lainnya.

Pada saat itu Wagub juga menyerahkan sejumlah bantuan Pemprov NTB kepada Pemda dan Masyarakat Lombok Tengah. Diantaranya bantuan pengembangan NTB BSS kepada pemerintah Kabupaten Lombok Tengah senilai Rp. 3.854.500.000. Juga dana bantuan untuk kelompok usaha bersama sejumlah 25 kelompok dengan total Rp.500 Juta, bantuan usaha berketerampilan masing-masing Rp. 45 Juta untuk sepuluh kelompok; dan bantuan pemenuhan kebutuhan hidup untuk LKSA sebesar Rp. 1.161.000.000 serta bantuan peralatan lainnya.(Yus)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.