Dijual Bebas, Polisi Sita Puluhan Karung Gula Refinasi

KabarNTB, Sumbawa – Aparat dari Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sumbawa menyita sekitar 30 karung ukuran 50 kg gula refinasi dari salah satu gudang di Jalan Baru Kelurahan Uma Sima Sumbawa Besar, Senin 5 Juni 2017.
Kasatreskrim Polres Sumbawa AKP Elyas Ericson, mengatakan pengungkapan puluhan karung gula rafinasi tersebut berawal dari diamankannya gula sejenis disalah satu warung milik MH yang ada di pasar tradisional Brang biji Sumbawa Besar.

Gula refinasi yang disita Polres Sumbawa

“Selain mengamankan barang bukti gula yang ada diwarung, untuk pengembangan kasus, kami juga menginterogasi pemilik warung dan akhirnya ditunjuk sebuah gudang di Kelurahan Uma Sima sebagai tempat penyimpanan gula dimaksud,” jelas Kasat Reskrim.
Informasi dari pemilik warung ini langsung ditindaklanjuti aparat dengan melakukan penggeledahan di gudang dimaksud. Benar saja, aparat menemukan puluhan karung gula yang disimpan digudang itu.
Gula refinasi, jelas Kasatreskrim, diperuntukkan khusus untuk bahan baku makanan dan minuman, bukan untuk dijual bebas secara umum seperti yang dilakukan oleh MH di pasar tradisonal Brang Biji,
“Karena jika dikonsumsi langsung maka akan membahayakan bagi kesehatan,” ungkapnya.
Terhadap MH (penjual), sambung AKP Elyas, akan dikenakan pasal 62 junto pasal 8 Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Undang –undang perdagangan pasal 106 dan 110 Undang –undang No 8 Tahun 2014.
“Kasus ini sedang kami dalami. Untuk sementara penjual maupun pemilik gudang akan kami mintai keterangan untuk proses selanjutnya,” demikian AKP Elyas.(JK)
Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.