Gubernur Minta Mahasiswa NTB di Bandung Aktif di Kegiatan Akademik

KabarNTB, Mataram – Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, meminta mahasiswa Sasambo (Sasak Samawa Mbojo) yang sedang menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan di Bandung Jawa Barat, untuk memperkuat tali silaturahim sesama mahasiswa di perantauan.
“Mahasiswa NTB juga harus terus melibatkan diri dengan berbagai aktivitas akademik, serta menempa diri dengan belajar sungguh-sungguh, karena NTB membutuhkan SDM yang berkualitas,” harap Gubernur saat bersiltaurahmi dengan Ikatan Mahasiswa Sasambo Bandung (IMSB) di asrama mahasiswa NTB, di Jalan Jalak, Nomor 2 Bandung, Minggu, 4 Juni 2017.
Kunjungan TGB ke asrama mahasiswa NTB tersebut, bertepatan dengan 10 Ramadhan 1438 Hijriyah, dimanfaatkan untuk bersilaturahmi sekaligus memberikan motivasi kepada para mahasiswa.

Gubernur, TGH M Zainul Majdi bersama para mahasiswa NTB di Bandung

Dalam pertemuan tersebut, Ikatan Mahasiwa NTB  Sasambo Bandung yang  jumlahnya lebih dari  400 orang , menyampaikan sejumlah usulan kepada  Gubernur  sebagai bagian dari peran pemerintah daerah dalam mendukung proses pendidikan putra putri NTB di kota pelajar itu.
Ketua Ikatan Mahasiswa Sasambo Bandung, Hamman Priyadi Sa’dan dan Ketua Asrama Mahasiswa NTB, Bhagus Affandi mewakili teman-temannya menyampaikan kepada TGB, bahwa  saat ini mahasaiswa NTB di Bandung membutuhkan asrama khusus untuk mahasiswi atau putri.
“Pembangunan asrama putri itu mendesak dilakukan, mengingat jumlah mahasiswa NTB yang belajar di Kota Bandung dari tahun ke tahun terus meningkat,” ujar Hamman.
Selain pembangunan asrama putri, mereka juga mengusulkan perlunya peningkatan fasilitas asrama. Terutama fasilitas perlengkapan seni, Budaya Sasak,  Samawa dan Mbojo untk menunjang kegiatan festival seni budaya Sasambo yang rutin diadakan di  kota Bandung, termasuk pakaian adat, dan alat musik khas daerah dari ketiga suku tersebut. Hal ini sekaligus untuk mendukung  pengembangan kreativitas dan  bakat-bakat seni budaya mahasiswa dalam upaya mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan berwawasan budaya Indonesia.
Mahasiswa Sasambo Bandung juga mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk menfasilitasi mereka dengan bantuan pendanaan dan akses penelitian atau riset ke berbagai instansi pemerintah di daerah saat mereka akan melakukan penelitian atau studi lapangan, serta pelibatan mahasiswa secara optimal pada setiap kegiatan Pemerintah Provinsi NTB yang dilaksanakan di Jawa Barat.
Merespon usulan para mahasiswa tersebut,  Gubernur  memandang keberadaan asrama mahasiswa dan fasilitas pendukungnya sangat penting dalam mendukung pembangunan kualitas SDM NTB, khususnya bagi ikatan mahasiswa Sasambo di Bandung.
Karenanya,Gubernur berharap kepada mahasiswa NTB di Bandung agar benar-benar memanfaatkan asset daerah seperti asrama untuk menunjang dan memperkuat pengembangan potensi diri mahasiswa itu sendiri.
“Perkuat  poros Bandung antara Mahasiswa dan Keluarga NTB yang ada di Bandung,” pinta TGB. (Yus)
Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.