Puluhan Ribu Masyarakat Turun ke Jalan Meriahkan Takbiran Keliling di Sumbawa dan KSB

KabarNTB, Sumbawa – Puluhan ribu masyarakat di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat (KSB) turun ke jalan melaksanakan takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H Pada Sabtu malam, 24 Juni 2017.

Kegiatan takbiran keliling yang sudah menjadi tradisi masyarakat secara turun temurun di kedua kabupaten itu berlangsung meriah, lancar dan tanpa gangguan seperti yang dikhawatirkan banyak pihak.

Bahkan pimpinan daerah di kedua kabupaten bertetangga itu ikut berbaur bersama masyarakat dan melepas secara resmi rombongan peserta yang terdiri dari remaja masjid, karang taruna dan berbagai lapisan masyarakat lainnya.

Di Sumbawa, peserta takbiran dilepas dari Lapangan Pahlawan dan berjalan melalui rute sejumlah jalan protokol dalam kota. Mereka membawa lampion, beduk bahkan kendaraan hias sambil mengumandangkan takbir sembari berjalan lambat. Semua komponen masyarakat dari berbagai etnis yang tinggal di Kota Sumbawa terlihat sangat antusias menyaksikan di sepanjang jalur yang dilalui peserta.

Suasana takbiran keliling di Kabupaten Sumbawa

Setiap tahun pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat memang menjadwalkan kegiatan takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri, bahkan dilombakan. Rombongan peserta terbaik diberikan hadiah dan diumumkan pada pelaksanaan Sholat Ied keesokan harinya.

Sementara di Sumbawa Barat, peserta takbiran dilepas langsung oleh bupati HW Musyafirin dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari Alun – alun kota Taliwang.

Tahun ini Panitia Hari Besar Islam (PHBI) pada Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Sumbawa Barat, selaku panitia pelaksana mewajibkan rombongan peserta untuk berjalan kaki (tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor). Ini menjadikan pawai takbiran yang dilaksanakan menjadi lebih semarak.

Para peserta membawa lampion, beduk dan pengeras suara yang dihias sedemikian rupa sehinga menambah semarak suasana.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan momentum hari kemenangan ini untuk terus memperbaiki diri, mempererat silaturahmi dan memperkokoh rasa persaudaraan dan kepedulian antar sesama.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.