‘Armada Semut’ Nelayan Senilai 13,9 Miliyar Mulai Disalurkan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa Barat, siap menyalurkan bantuan sampan sebanyak 943 unit ‘armada semut’ kepada para nelayan.

Proyek bantuan 943 unit sampan  itu bernilai  Rp 13,983 miliyar dari APBD 2017 dan terbagi dalam empat model kegiatan. Yaitu, bantuan sampan dengan mesin sebanyak 349 unit. Kasko sampan laut model Fiber Glass sebanyak 84 unit, Mesin ketinting dengan kekuatan 6,5 PK sebanyak 128 unit dan kasko sampan lebo sebanyak 382.

Kepala DKP, Mansyur Sofyan didampingi Pejabat Pembuat Komitment (PPK) proyek tersebut, Noto Karyono mengatakan, tiga model bantuan tersebut sudah rampung. Tinggal sampan plus mesin yang masih belum selesai. Saat ini progressnya mencapainya 70 persen.

“Insya Allah, sebelum pertengahan Agustus mendatang, 30 persen sisanya itu bisa di kejar dan rampung,” ujar Mansyur kamis 27 Juli 2017.

Ratusan sampan ‘armada semut’ yang siap dibagikan kepada para nelayan

Sementara untuk item kegiatan yang sudah rampung, DKP sudah menyerahkannya kepada calon penerima setelah dilakukan verifikasi  dan membuka rekening di Bank BRI.

“Dari 943 calon penerima, 30 persen dari angka itu sudah ada yang menerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Kepala DKP menambahkan, dinas bersama agent peliuk dan juga penyuluh sudah melakukan pendekatan personal kepada calon penerina  yang belum membuka rekening agar mau membuka tabungan sebagai syarat mendapatkan bantuan tersebut.

Kepala DKP menegaskan, penetapan jumlah penerima bantuan ini berdasarkan jumlah pemohon (nelayan) yang diketahui pihak desa dan telah melalui proses verifikasi.

“Salah kaprah jika ada yang bilang tidak adil. Ada orang yang menerima sampan dengan mesin, sampan saja atau juga mesin saja,” demikian Mansyur.(JA)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.