Bupati KSB : ‘Al Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan Tanpa Batas’

KabarNTB, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin membuka secara resmi pelaksanaan  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XIII tingkat Kabupaten Sumbawa Barat,  di Kecamatan Seteluk, Selasa malam 25 Juli 2017.

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Wabup Fud Syaifuddin, Ketua DPRD M Nasir, Kapolres AKBP Andy Hermawan dan Anggota Komisi VII DPRRI, Muhammad Syafruddin (Rudi Mbojo dan Sekda, Abdul Aziz.

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan bahwa perbedaan adalah anugerah yang harus dikelola dengan baik dan Al Qur’an dengan tegas mengajarkan ummat Islam untuk menjaga silaturahim, baik dengan sesama muslim maupun dengan pemeluk agama lain.

Bupati memukul beduk tanda dimulainya MTQ XIII KSB

Menurutnya, dengan susunan kata yang indah, kalimat yang jelas dan terang serta gaya bahasa yang mengagumkan, Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan tanpa batas.

“Semakin kita dalami Al Qur’an, semakin terasa kecil pengetahuan kita dan semakin kita yakin akan kebenaran firman Allah SWT. Semakin kita baca, semakin terbuka hati dan fikiran kita akan ilmu dan hikmah didalamnya,” ujar Bupati.

Bupati mengharapkan MTQ menjadi wadah mensyiarkan dan membumikan Al Qur’an, sebagai pegangan dan panduan dalam menjalani kehidupan.

“Jika kita mengagungkan Al Qur’an, maka sesungguhnya kita sedang mengagungkan nilai – nilai keikhlasan, nilai-nilai kejujuran dan nilai-nilai kesungguhan,” jelasnya.

Bupati juga berharap MTQ kali ini bisa.melahirkan Qori dan Qori’ah KSB yang tidak hanya mampu berprestasi ditingkat nasional, tapi juga ditingkat internasional.

Kegiatan pembukaan MTQ XXI berlangsung meriah dan diisi dengan berbagai atraksi budaya yang ditampilkan oleh sanggar seni lokal serta paduan suara oleh PKK Seteluk dan Qasidah oleh Lasqi Sumbawa Barat. Sebelumnya, rangkaian kegiatan MTQ juga dibuka dengan pelaksanaan pawai taaruf yang melibatkan seluruh kapilah yang dilepas oleh Wakil Bupati, Fud Syaifuddin pada Selasa sore.

Sementara ribuan masyarakat yang datang dari seluruh KSB terlihat hadir memenuhi lapangan tempat kegiatan berlangsung.

MTQ XIII diikuti oleh 316 orang peserta dari delapan kecamatan se-KSB dengan sembilan cabang yang diperlombakan dan akan berlangsung sampai 31 Juli mendatang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.